Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Hatta: Tren Investasi Akan Terus Meningkat

Selasa 21 Jan 2014 15:31 WIB

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Nidia Zuraya

Investasi (ilustrasi)

Investasi (ilustrasi)

Foto: Reuters/Leonhard Foeger

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan realisasi investasi sepanjang 2013 mencapai Rp 398,6 triliun.  Realisasi ini lebih tinggi dibanding target yang ditetapkan yaitu Rp 390,3 triliun.  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyambut baik pencapaian tersebut.

Ditemui seusai menjadi pembicara kunci dalam Indonesia Investor Forum 3 di Jakarta International Convention Center, Selasa (21/1), Hatta mengatakan, selain realisasi investasi yang melebihi target, aspek lain yang membuatnya senang adalah besarnya porsi realisasi investasi baru hingga mencapai 63 persen.

"Biasanya investasi lama yang banyak melakukan realisasi.  Ini menunjukkan tren investor yang menempatkan Indonesia sebagai production base (basis produksi) sudah terjadi," ujar Hatta.  Sebagai gambaran, dalam realisasi 2013, penanaman modal asing (PMA) mendominasi dengan Rp 270,4 triliun. 

Sedangkan penanaman modal dalam negeri (PMDN) tercatat Rp 128,2 triliun.  Untuk tahun ini, pemerintah menargetkan realisasi investasi Rp 506,9 triliun.  Walaupun dalam sejumlah kesempatan, Kepala BKPM Mahendra Siregar mengungkapkan ada koreksi ke bawah terkait target ini menjadi Rp 470 triliun, Hatta tetap optimistis.

"Saya lihat tren investasi meningkat," kata Hatta.  Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini mengaku telah berkomunikasi dengan pengusaha dalam negeri yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) maupun Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) untuk tetap berinvestasi di tahun politik ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA