Selasa 21 Jan 2014 09:41 WIB

DPT Pemilu Delapan Kabupaten Kota Riau Berkurang

Seorang warga mengecek namanya dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014 (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Seorang warga mengecek namanya dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIAU -- Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu DPD, DPR, dan DPRD pada delapan Kabupaten Kota di Riau berkurang setelah dilakukan perbaikan jumlah pemilih melalui pencermatan terhadap yang tidak memenuhi syarat.

"Riau telah melakukan perbaikan dengan rincian pemilih tidak memenuhi syarat adalah meninggal dunia, Anggota TNI/ Polri, belum cukup umur, Tidak dkenal, pindah domisili, dan pemilih ganda," kata Budhiyan Putra Ali di Pekanbaru.

Delapan Kabupaten Kota yang berkurang DPT adalah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

Pengurangan DPT terbesar terdapat di Pekanbaru yang ditetapkan saat ini 612.106 dimana jumlah penetapan sebelumnya adalah 614.140. Dengan demikian terjadi pengurangan pemilih sebanyak 2032 pemilih.

Secara keseluruhan jumlah DPT yang berkurang dari delapan Kabupaten Kota ini adalah sebanyak 6.742 pemilih. Jumlah berkurang di delapan tempat tersebut secara otomatis menjadi jumlah DPT yang berkurang pula untuk DPT Provinsi Riau.

Rinciannya di Kabupaten Bengkalis berkurang 571 pemilih, Di Kabupaten Indragiri Hilir berjumlah cukup besar yakni 1049 pemilih. Kemudian di Kabupaten Indragiri Hulu adalah terbesar kedua pengurangannya setelah Kota Pekanbaru berjumlah 1.373 pemilih.

Di Kabupaten Kepulauan Meranti berkurang 284 pemilih dan di Kota Dumai jumlah pengurangannya sebanyak 261 orang.

Selanjutnya di Kabupaten Kuantan Singingi menyumbangkan pengurangan yang banyak juga dengan jumlah 1.021 pemilih. Terakhir pengurangan di Kabupaten Rokan Hilir hanya 51 pemilih.

Sementara itu jumlah DPT yang tidak berkurang di Provinsi Riau terdapat empat Kabupaten. Diantaranya Kabupaten Kampar, Kanbupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Siak.

Jumlah DPT Riau Hasil Perbaikan sendiri ditetapkan 4.079.513 pemilih. Seperti yang telah disebutkan di atas, telah berkurang sebanyak 6.742 dari penetapan DPT sebelumnya pada 2 Desember 2013 yang berjumlah 4.086.255.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement