Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Akses Sehat Orang Miskin Terhambat KTP

Senin 20 Jan 2014 08:02 WIB

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Joko Sadewo

 Warga pemilik Kartu Jakarta Sehat (KJS) saat mendaftar untuk berobat di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Kamis (23/5).     (Republika/ Yasin Habibi)

Warga pemilik Kartu Jakarta Sehat (KJS) saat mendaftar untuk berobat di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Kamis (23/5). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATRAMAN --  Program kesehatan gratis pemerintah provinsi DKI Jakarta yang lebih familiar  dengan istilah Kartu Jakarta Sehat  (KJS) belum semuanya dirasakan manfaatnya oleh warga DKI Jakarta.

Kendalanya adalah kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sejumlah warga miskin yang selama belum memiliki KTP DKI, otomatis tak bisa merasakan manfaat dari program unggulan Gubernur Joko Widodo dan Basuki Tjahaya ini.

Salah satu syarat untuk mendapatkan fasilitas KJS memang harus penduduk asli DKI Jakarta yang dibuktikan identitas asli dengan KTP Jakarta.  Widana, salah seorang pemulung yang sehari-hari beroperasi di Jakarta mengungkapkan, dia belum memiliki KTP DKI padahal sudah menetap di Jakarta sejak 1965.  

Widana sendiri berdomisili  di  Jalan Kimia, Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Meski belum memiliki KTP, dia berharap bisa juga mendapatkan fasilitas kartu KJS. Widana hanyalah salah satu dari puluhan warga miskin yang dijadikan responden  dalam penelitian efektifitas pelaksanaan kebijakan KJS dan KJP  Pemda DKI Jakarta oleh Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia wilayah Jakarta. Penelitian dilakukan  sejak November 2013 lalu.

Direktur riset Kopel Indonesia,  Muhammad Akil Rahman, mengatakan,  ada puluhan masyarakat miskin di Jakarta  menjadi responden penelitian ini. Secara umum, kata Akil,  mereka puas ada perbaikan dari sisi implementasi pelaksanaan pelayanan publik di Jakarta.

Birokrasi pun sudah ramah dalam melakukan pelayanan dan murah dalam biaya. ''Sayang sekali karena KJS yang menjadi unggulan Jokowi belum semua dirasakan manfaatnya oleh masyarakat miskin yang belum memiliki KTP,’’ ujar Akil, Ahad  (19/1).

Menurut Akil, meskipun warga belum memiliki KJS, namun mereka mengaku cukup puas untuk pelayanan kesehatan. ''Ada yang mengaku meski tidak mendapatkan kartu KJS, tapi  pelayanan di Puskesmas sekarang sudah agak baik dibanding yang lalu,'' ujar Akil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA