Jumat 17 Jan 2014 08:43 WIB

Enam Langkah Mengatasi Pascakeguguran

Keguguran
Keguguran

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Keguguran adalah peristiwa yang paling ditakuti oleh ibu-ibu hamil. Mereka perlu dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi mereka untuk mengurus diri dimasa kehamilan dengan cara yang sehat secara mental dan fisik.

Namun, jika keguguran itu sudah terlanjur dialami, maka setiap wanita pastinya akan sedih dan perlu mendapatkan dukungan. Bagaimana caranya? Berikut dilansir dari Symptomfind, Jumat (17/1).

1. Berduka yang wajar

Banyak wanita merasa bersalah atas keguguran yang dialaminya. Mereka sering merasa hilangnya calon bayi mereka adalah kesalahannya. Anda perlu mengetahui keguguran itu bisa terjadi karena kombinasi beberapa faktor yang terkadang tidak bisa dihindari.

Setelah berduka yang wajar, Anda harus menerima semua kejadian ini. Ini perlahan akan membantu memulihkan Anda yang sakit setelah keguguran. Memang normal mengalami gejala stres dan emosional, namun pastikan Anda tetap mengurus diri dan memperhatikan kesehatan Anda.

2. Dapatkan dukungan

Perempuan cenderung menginternalisasi perasaan dibandingkan laki-laki, tapi tak perlu takut dan malu atas apa yang baru saja terjadi. Jangan ragu untuk mengekspresikan emosi Anda ketika berbicara tentang pengalaman pahit Anda kepada teman-teman atau orang yang dicintai.

Itu secara tak langsung akan membantu Anda dan teman-teman Anda yang mungkin juga keguguran untuk pulih kembali. Berbagi masalah dan saling memberi dukungan adalah cara terbaik meringankan beban di pundak Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement