Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Belanja Hemat Ala Supermarket, Seperti Apa?

Selasa 14 Jan 2014 10:22 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endah Hapsari

Belanja di supermarket

Belanja di supermarket

Foto: http://everydayfoodstorage.net

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Supermarket selama bertahun-tahun terakhir selalu menjadi model ritel yang melambangkan kehidupan konsumtif masyarakat. Di tengah perekonomian global yang fluktuatif saat ini, supermarket sebetulnya bisa berperan penting mengatur kebiasaan belanja masyarakat.

Di Inggris misalnya, dengan transaksi ritel hingga 50 juta poundsterling per harinya, beberapa perusahaan memiliki banyak kesempatan bertatap muka dengan masyarakat. Setiap pekan, supermarket besar memiliki 50 ribu pelanggan. Namun, kebiasaan berbelanja baik di pasar modern dan online kian hari kian tinggi.

Dilansir dari the Guardian, Selasa (14/1), ritel bisa memberitahu konsumen akan dampak dari produk-produk yang mereka beli. Universitas Leeds tengah melakukan survei terhadap 7.500 konsumen di Inggris tentang bagaimana supermarket bisa memengaruhi pola belanja konsumen.

Manfaat sosial lainnya dari supermarket adalah menyediakan ruang publik atau ruang bebas yang bisa digunakan oleh kelompok-kelompok masyarakat, seperti parkir yang luas. Staf-stafnya juga bisa mengalokasikan waktunya 22 jam per pekan untuk mengoordinasikan keterlibatan supermarket di daerah-daerah.

Organisasi lokal di Inggris, Battersea and Oldham bahkan mengusulkan supaya supermarket juga menyediakan layanan kesehatan, seperti apotek di dalam toko untuk memberikan jangkauan kesehatan lebih luas kepada masyarakat. Bahkan, beberapa tahun ke depan mereka berpikir tentang ide pemutaran film gratis dengan menggunakan energi terbarukan, misalnya listrik tenaga surya di balkon atas supermarket. Termasuk, ide untuk mendaur ulang limbah yang dihasilkan dari transaksi sehari-hari di supermarket.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA