Ahad 12 Jan 2014 23:13 WIB

Inal: Garuda Masih Berkembang

Laga National Basketball League/NBL. (ilustrasi)
Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra
Laga National Basketball League/NBL. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Garuda Kukar Bandung Antonius Ferry Rinaldo mengatakan timnya masih berisi anak-anak muda yang masih akan berkembang meskipun dirinya tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya terhadap kekalahan dari Satria Muda Britama Jakarta.

"Ini tim yang masih berkembang, mencoba membangun kembali dengan banyaknya pemain muda. Kalau melihat kami bermain, masih mencapai papan atas saja sudah cukup baik," kata pelatih yang akrab disapa Inal itu usai kekalahan timnya 63-75 dari Satria Muda dalam laga lanjutan Seri II Liga Bola Basket Nasional (NBL) Indonesia di Gedung Basket Hall A Senayan, Jakarta, Minggu.

Meski demikian, dia menilai sedikitnya ada dua evaluasi utama terhadap anak-anak asuhnya, yaitu masih belum terjaganya konsistensi permainan dan mental mereka pada saat-saat krusial, yang memengaruhi persentase akurasi tembakan mereka.

"Anak-anak belum ada konsistensi yang terjaga dengan baik. Mereka juga belum matang untuk menghadapi masa-masa krusial," ujarnya.

"Pada masa-masa krusial tadi banyak kesempatan lemparan bebas yang terbuang," katanya menambahkan.

Inal juga mengatakan bahwa pada pihak lawan, Satria Muda, juga kerap membuang kesempatan lemparan bebas. Namun, hal itu tertutupi dengan akurasi tembakan dua angka mereka.

"Mereka juga sebetulnya jelek tadi lemparan bebasnya, tetapi ditembakan dua angka mereka bagus," ujarnya.

Di sisi lain, Inal memuji keberhasilan para pemainnya mengalahkan catatan tim lawan dalam hal perebutan "rebound".

"Sebetulnya Satria Muda itu tim 'rebounder', anak-anak bisa mengalahkan mereka itu bagus. Hanya saja kita gak menang dengan 'rebound' lebih banyak, tetapi poin yang lebih banyak," ujarnya.

Statistik pertandingan mencatat dalam urusan "rebound" Garuda unggul 45 berbanding 35 atas Satria Muda.

Mantan pemain Satria Muda yang mulai musim ini membela Garuda, Galank Gunawan, memimpin perolehan "rebound" dengan total sebanyak 18 kali.

Garuda muda harus menelan kekalahan pahit dari Satria Muda, dengan skor akhir 63-75 setelah sempat unggul di dua kuarter pertama.

Garuda akan menghadapi Stadium Jakarta pada laga lanjutan Seri II NBL 2013-2014 di Jakarta, Selasa (14/1). Satria Muda pada hari yang sama akan berhadapan melawan JNE BSC Bandung Utama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement