Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Wisata Laskar Pelangi Dikembangkan di Belitung Timur

Jumat 10 Jan 2014 05:36 WIB

Red: Julkifli Marbun

Pemandangan di Belitung Timur (ilustrasi)

Pemandangan di Belitung Timur (ilustrasi)

Foto: noveerasjid.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, MANGGAR -- Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun ini menyiapkan kawasan Bukit Raya di Kecamatan Gantung untuk pengembangan wisata Laskar Pelangi.

"Imej Laskar Pelangi yang telah mendunia tetap akan menjadi ikon pariwisata kita. Sebagai bentuk komitmen akan hal itu kami telah menyiapkan sejumlah lahan di Kecamatan Gantung dalam rangka 'go internasional'-nya pariwisata Belitung Timur," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, Helly Tjandra di Manggar, Kamis.

Menurut dia, pemerintah daerah akan menggandeng Andrea Hirata sekaligus mengadopsi konsepnya dalam mengembangkan kawasan wisata Bukit Raya tersebut.

Disamping program wisata Laskar Pelangi, pihaknya juga telah mempersiapkan konsep-konsep wisata lainnya seperti wisata bahari, wisata petualangan dan agrowisata, namun "brand" Laskar Pelangi tetap akan menjadi konsep utama.

Di tempat terpisah, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Belitung Timur Lim Surya Wiguna mengatakan dalam beberapa tahun belakangan perkembangan pariwisata Belitung Timur cukup baik, tapi masih perlu digalakkan lagi termasuk wisata menyelam.

Ia juga berharap walau pengembangannya terkendala keterbatasan anggaran, tapi pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus terus berupaya memanfaatkan potensi yang ada.

"Selain itu pengembangan pariwisata harus melibatkan banyak pihak termasuk Andrea Hirata bersama Laskar Pelangi-nya yang sudah jelas-jelas memberikan kontribusi sangat besar terhadap kepariwisataan Kabupaten Belitung Timur," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA