Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Obligasi Global Indonesia Dapat Peringkat BBB dari Fitch

Selasa 07 Jan 2014 13:19 WIB

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya

Obligasi Global

Obligasi Global

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Lembaga pemeringkat Fitch Ratings memberi peringkat BBB terhadap obligasi global berdenominasi dolar AS yang akan diterbitkan Indonesia. Outlook peringkat ini stabil.

Fitch memberikan peringkat tersebut terhadap obligasi global yang akan jatuh tempo pada 2024 dan 2044. Peringkat akhir ditetapkan setelah lembaga pemeringkat tersebut memperoleh seluruh dokumen dan informasi resmi.

Ada beberapa hal yang mendorong keputusan peringkat tersebut. "Peringkat BBB mencerminkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar analis Fitch Thomas Rookmaaker, dalam keterangan yang diterima ROL, Selasa (7/1).

Pertama, Fitch menilai ekonomi Indonesia lebih kuat dan stabil bila dibandingkan negara lain. Kedua, meskipun defisit fiskal melebar, Fitch menilai defisit tersebut masih terkontrol.

Faktor ketiga, defisit transaksi berjalan yang terjadi mengakibatkan Indonesia rentan terhadap sentimen investor asing. Hal tersebut mengakibatkan arus modal keluar. "Namun sejauh ini pemerintah mampu memitigasi dampak eksternal tersebut," ujar Roomkaaker.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA