Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Unisba akan Buka Kelas Sore

Senin 06 Jan 2014 21:32 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Maman Sudiaman

Unisba

Unisba

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Minat calon mahasiswa untuk mendaftar ke Universitas Islam Bandung (Unisba), trendnya selalu naik selama tiga tahun terakhir ini. Padahal, kuota yang disiapkan Unisba sangat terbatas. Setiap tahun, Unisba hanya menyiapkan kursi sekitar 2.500 orang setiap tahunnya. Sementara, jumlah pendaftar membludak hingga mencapai 7 ribuan.

Melihat kondisi ini, kampus yang islami ini tak tinggal diam. Rektorat melihat, layanan pendidikan perguruan tinggi untuk masyarakat harus diperluas. Di sisi lain, setiap hari setelah pukul 17.00 WIB, kampus Unisba menjadi sepi seperti tak berpenghuni karena waktu perkuliahan telah usai. Oleh karena itu, muncul lah sebuah ide dari Rektorat Unisba untuk membuka kelas reguler di sore hari.

Menurut Rektor Unisba, Thaufiq S Boesoirie, tahun ajaran baru ini Ia berhap ada inovasi baru dari Unisba. Yakni, akan meningkatkan jumlah mahasiswa dengan meningkatkan kapasitas dan meningkatkan kerja sama . Unisba, akan membuka mahasiswa baru kelas malam. Karena, selama ini Unisba menyesal banyak menolak calon mahasiswa.  Kuota yang disediakan Unisba, hanya 2.500 pertahun. Padahal, yang mendaftar sudah mencapai 7.000 an.

"Kami ingin menciptakan lapangan pendidikan yang lebih luas untuk masyarakat khususnya yang berpendidikan islam. Makanya, memanfaatkan infsratruktur yang ada kami buka kelas sore reguler," katanya.

Thaufiq mengatakan, kelas sore ini bukan kelas karyawan karena Unisba memang tidak punya kelas karyawan. Namun, kelas yang dibuka untuk masyarakat yang ingin kuliah di malam hari. Yakni, mulai pukul 17.00 sampai 22.00 WIB. Sasarannya, kelas sore ini untuk seluruh masyarkat tak hanya karyawan.  ‘"Dengan posisi itu, masyarakat bisa memilih mau kuliah pagi atau sore. Ya kalau digunakan juga oleh karyawan, kami sangat gembira," katanya.

Untuk jurusan, kata dia, kelas sore ini akan membuka jurusan secara bertahap. Diutamakan, jurusan yang akreditasinya tinggi. Misalnya, Fikom, Fakultas Hukum, dan Psikologi. Sebelum membuka jurusan untuk kelas sore, Unisba akan melakukan kajian terlabih dahulu. Yang jelas, tahun ajaran baru ini sudah mulai penerimaan kelas sore.

Wakil Rektor I Unisba, Rakhmat Ceha mengatakan, pembukaan kelas sore tujuannya untuk meningkatkan kinerja kualitas dan kuantitas Unisba. Jadi, harus disiapkan betul dari sisi iInternal  maupun eksetrnalnya. Termasuk, kualitas sumber daya manusianya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA