Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Pemimpin Druze Lebanon: Manfaatkan Bantuan Saudi dengan Baik

Rabu 01 Jan 2014 06:00 WIB

Red: Julkifli Marbun

Walid Jumblatt bersama Raja Abdullah dari Arab Saudi (ilustrasi)

Walid Jumblatt bersama Raja Abdullah dari Arab Saudi (ilustrasi)

Foto: wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Anggota Parlemen Lebanon sekaligus tokoh Druze yang disegani, Walid Jumblatt, mengharapkan para faksi Lebanon dapat menggunakan dengan baik bantuan Arab Saudi.

Arab Saudi baru-baru ini memberi dana sebesar 3 miliar USD untuk militer Lebanon sehubungan dengan kondisi negara itu yang selalu menjadi korban politik Israel dan juga mengalami krisis politik lokal.

"Saya meminta semua kelompok politik Lebanon untuk menggunakan sumbangan tersebut secara positif untuk kepentingan pembangunan negara," katanya dikutip dari Daily Star Lebanon, Selasa kemarin (31/12)

Komunitas Druze merupakan kelompok Syiah Ismailiyah yang berasosiasi sendiri dalam sebuah gejolak politik di masa Al-Hakim bi Amr Allāh, pemimpin keenam Mesir era Dinasti Fatimiyah (996–1021).

Dalam perjalanan sejarahnya, Druze sering berkoalisi dengan Sunni, sehingga di Lebanon komunitas ini mempunyai afiliasi politik yang berbeda dengan partai Hizbullah. Walaupun begitu di Israel, Druze diakui sebagai entitas kepercayaan sendiri.

sumber : Daily Star Lb
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA