Rabu 01 Jan 2014 02:33 WIB

Sulit Tidur? Jangan-Jangan Anda Santap Ini Sebelumnya

Rep: mgrol21/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Susah tidur (ilustrasi)
Susah tidur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda mengalami kesulitan tertidur di malam hari, mungkin makanan Anda adalah penyebabnya. Jauhi penyabot waktu tidur Anda ini, dan pastikan Anda mendapat cukup waktu istirahat. Itulah saran, kata ahli diet Shelly Redmond, RD, penulis buku Eat Well and Be Fabulous.

Jadi apa saja santapan yang berpotensi besar menggangu pola tidur Anda?

1. Kafein

Anda tahu bahwa kafein dapat membuat Anda terjaga, tapi apa yang mungkin Anda tidak sadari?

Kopi dan soda bukan satu-satunya penyebab. Beberapa obat-obatan OTC (Over the Counter)  atau obat-obatan yang dapat dibeli tanpa resep juga mengandung kafein, kebanyakan teh juga  mengandung kafein.

Jika Anda sensitif terhadap kafein, mulai memilih kopi tanpa kafein dan periksa setiap label obat-obatan yang akan diminum delapan jam sebelum waktu tidur Anda.

2. Alkohol

Segelas anggur mungkin terdengar seperti akan membantu Anda bersantai dan tertidur, namun  penelitian telah benar-banar menemukan bahwa alkohol menyebabkan sering terbangun di malam hari, kata Redmond.

3. Air

Air sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan, tapi juga memiliki efek  samping yaitu dapat membangunkan Anda di tengah malam untuk ke kamar mandi. Dan tidak

hanya menggangu siklus tidur Anda dengan pergi ke kamar mandi saat tengah malam, tapi juga memotong REM tidur Anda. Cobalah untuk menghindari minum air 60-90 menit sebelum tidur.

4. Makanan berfermentasi

Tyramine, asam amino yang ditemukan dalam makanan yang difermentasi dapat merangsang otak dan membuat Anda terjaga di malam hari. Keju tua, ikan asap, dan daging asap adalah beberapa diantaranya.

Jjadi jika Anda tetap memakan camilan keju sebelum tidur, pilihlah yang segar seperti mozzarella.

5. Produk berbahan dasar tomat

Apa pun yang mengandung banyak asam dapat menyebabkan mulas dan ketidaknyamanan pada  malam hari, termasuk makanan berbahan dasar tomat dan hidangan pedas.

Untuk mencegahnya, Redmond merekomendasikan untuk menghindari makanan jenis itu tiga jam sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement