Kamis 26 Dec 2013 08:20 WIB

Ini Penyebab Perempuan Lebih Gampang Gemuk

Perempuan mesti berdiet sehat karena lebih mudah gemuk
Foto: healthveda.com
Perempuan mesti berdiet sehat karena lebih mudah gemuk

REPUBLIKA.CO.ID, Perempuan mempunyai risiko kegemukan atau obesitas lebih besar daripada laki-laki sesuai data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2010. "Data itu menemukan pravelansi gemuk dan obese berdasarkan jenis kelamin pada usia diatas 18 tahun mencapai 21,7 persen," kata Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan JaTim, A Heru Nugroho SKM M.Kes.

Ketika berbicara pada seminar bertajuk "Gizi Seimbang untuk Mengatasi Kegemukan" di Kampus C Universitas Airlangga Surabaya, ia menjelaskan pravelansi gemuk dan obese pada kelompok usia 18 tahun itu sudah mengkhawatirkan. "Itu terbukti pada pravelansi gemuk dan obese pada perempuan sebesar 26,9 persen, sedangkan pada laki-laki sebesar 16,3 persen," katanya.

Menurut dia, kegemukan terjadi akibat asupan energi lebih tinggi daripada energi yang dikeluarkan terkait tingginya konsumsi makanan sumber energi dan lemak, kurangnya aktivitas fisik, serta pengaruh gaya hidup.

Kegemukan dan obese dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit tidak menular seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, hiperlipidemi, diabetes mellitus, osteoarthiritis, kanker, hepatobiliar, serta gangguan pernafasan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement