Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Thursday, 15 Jumadil Akhir 1442 / 28 January 2021

Karier Mentok, Coba Kiat Ini

Rabu 25 Dec 2013 08:04 WIB

Red: Endah Hapsari

Jenuh karena karier mentok/ilustrasi

Jenuh karena karier mentok/ilustrasi

Foto: sciencemediacentre.co.nz

REPUBLIKA.CO.ID, Jika merasa jenuh atau merasa karier tidak berkembang, coba introspeksi diri. Apakah betul, kamu sudah melakukan upaya untuk mengembangkan diri di kantor? Seandainya belum, Rima Olivia, psikolog dari Lembaga Pengembangan Diri Uniform, menjamin, pindah kerja sekalipun, kita tidak akan membuat kita menemukan apa yang dicari.

Bagi Rima, biasanya seorang pekerja akan bosan bila tidak mendapatkan tantangan baru dari tempat kerjanya. Perusaha an yang baik juga umumnya memiliki metode pengembangan karier bagi pegawainya. Masalahnya, banyak pekerja yang merasa telah bekerja maksimal, namun pihak kantor punya perspektif berbeda. Rima bercerita, teman-temannya dari bagian sumber daya manusia kerap mengatakan, ada saja karyawan yang enggan melakukan introspeksi.

Nah, bila semua pekerjaannya sudah beres, tapi tidak juga ada perbaikan kondisi dari kantor, barulah bisa muncul ke inginan untuk pindah kerja. Pengembangan karier, kata Rima, juga tidak melulu ke atas atau berupa promosi. Terkadang rotasi bisa menjadi sarana mengembangkan karier. Anggap saja rotasi sebagai tantangan baru. Rotasi perlu dilihat sebagai kesempatan memelajari hal baru.

Ketika sudah teruji di tempat baru, tentu peluang baru bisa terbuka. Pikirkan betapa kita tidak harus mengeluarkan uang karena belajar hal baru di tempat baru. Jadi, sekarang ada pelajaran yang menempel de ngan pekerjaan, ujar Rima. Rima sendiri yakin, seorang pekerja yang terbukti berhasil bertahan di banyak divisi akan mendapat perhatian dari kantornya. Atasan pasti akan sayang melepaskan aset berharga seperti itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA