Senin 23 Dec 2013 14:40 WIB

9 Tips Untuk Mencegah Gigitan Nyamuk (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Nyamuk (ilustrasi)
Foto: antara
Nyamuk (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Curah hujan yang tinggi membuat pertumbuhan nyamuk semakin meningkat. Nyamuk akan dengan mudah berkembang biak dan dapat menjadi ancaman bagi manusia.

ROLers, berikut adalah tips berguna bagi Anda supaya bisa menghindari gigitan nyamuk, dilansir dari Symptomfind, Senin (23/12).

1. Lotion antinyamuk

Ini adalah hal paling umum yang biasa dilakukan orang-orang untuk mencegah gigitan nyamuk, yaitu menggunakan lotion antinyamuk atau menyemprotkan cairan antinyamuk.

2. Tanaman sereh

Citronella atau serai atau sereh sangat ampuh untuk menjadi obat nyamuk. Serai biasanya digunakan dalam bentuk lilin atau obor minyak atau minyak sereh. Cobalah menyalakan lilin sereh untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda.

3. Baju cerah

Nyamuk sangat tertarik dengan tempat-tempat gelap sebab lingkungan tersebut sama dengan lingkungan alami yang dibutuhkannya untuk bertelur. Mengenakan baju bewarna terang akan mengurangi nyamuk mendatangi Anda. Memakai baju dan celana lengan panjang sewaktu tidur bisa menjadi salah satu cara terbaik.

4. Genangan air

Kebanyakan nyamuk membutuhkan air untuk bertelur, yang berarti bahwa Anda harus menutup seluruh tempat penampungan air di rumah Anda.

5. Wewangian

Wewangian seperti parfum, semprotan rambut, deodoran, dan sejenisnya juga bisa mengundang ketertarikan nyamuk. Nyamuk adalah jenis hewan yang sangat tertarik dengan wewangian.

Namun ada beberapa wewangian yang tidak disukai nyamuk, seperti wangi lavender.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement