Senin 23 Dec 2013 10:14 WIB

7 Jurus Jitu Perangi Flu dan Pilek

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Pilek/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Pilek/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Di musim hujan seperti ini biasanya flu mudah menyerang tubuh. Anda mungkin berpikir flu hanyalah masalah kecil. Namun, flu bisa membuat  Anda harus berdiam di rumah selama berhari-hari dan meninggalkan pekerjaan Anda. Lakukan hal berikut ini untuk memerangi flu seperti dikutip dari WebMD:

1. Cuci Tangan

Jika Anda sedang mengalami flu atau pilek, mungkin karena tangan Anda yang kotor. Banyak virus yang menyebar melalui tangan. Ketika tangan Anda kotor tanpa sadar Anda memegang wajah, atau mengambil makanan. Untuk itu cuci tangan menggunakan sabun sebersih mungkin.

 

2. Persiapkan Diri Saat Cuaca Dingin

Sebelum Anda memerangi kuman pilek dan flu, pastikan Anda memiliki persediaan yang dibutuhkan. Isi lemari obat Anda dengan obat-obatan yang Anda gunakan, seperti penghilang rasa sakit atau dekongestan. Jangan lupa juga menyediakan tisu, sabun, dan pembersih tangan. Pastikan termometer Anda masih berfungsi. 

 

3. Perhatikan Gejalanya

Antara flu dan pilek adalah dua hal yang berbeda. Flu umumnya lebih parah dan datang tiba-tiba hingga mungkin bisa merobohkan tubuh Anda selama beberapa hari. Selain itu, gejala demam, nyeri tubuh, dan kelelahan juga identik dengan flu.

 

4. Pilih Obat yang Tepat

Ada banyak obat flu untuk yang dijual di toko obat. Pilih obat kombinasi dari beberapa obat-obatan dalam satu pil, seperti dekongestan, pereda batuk, dan obat penghilang rasa sakit untuk memerangi gejala.

 

5. Pengobatan Alami

Gunakan sesendok madu untuk meredakan gejala flu dan pilek. Madu dapat membantu meredakan batuk sebagai pengganti sirup obat batuk  dari toko obat. Jangan memberikan madu kepada anak-anak di bawah usia 1 karena tidak aman.

 

6. Minum Lebih Banyak Cairan

Minum cairan tambahan ketika Anda sedang sakit akan membantu mengencerkan lendir, menguras sinus, dan meredakan hidung tersumbat. Cairan seperti air putih, kuah-kuahan, dan juga olahraga adalah pilihan yang baik. Teh herbal juga akan menghangatkan saluran pernapasan.

 

7. Tinggal di Rumah

Jangan memaksakan bekerja ketika Anda sakit, karena akan membuat tubuh sulit melawan virus. Istirahatlah di rumah untuk proses pemulihan. Selain itu Anda juga tidak akan menularkan virus kepada teman-teman kerja Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement