Kamis 19 Dec 2013 10:31 WIB

LDK Mercu Buana Yogyakarta Gelar Seminar Penulisan

Rep: mohamad akbar/ Red: Taufik Rachman
UMB Yogyakarta
UMB Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Lembaga Dakwah Kampus Universitas Mercu Buana Yogyakarta (LDK UMBY) menggelar seminar penulisan kepada para mahasiswa muslim. Kegiatan ini diharapkan bisa mendorong terlahirnya para penulis muda berspektif Islam.  

Asgar Risanto, ketua panitia Seminar Kepenulisan LDK UMBY, menjelaskan kegiatan ini dihadirkan untuk memberi pembekalan ketrampilan menulis kepada para aktivis mahasiswa muslim yang tersebar di seluruh universitas Yogyakarta. Kegiatan ini digelar pada Sabtu (21/12) di kampus UMB.

''Menulis adalah salah satu cara untuk menyampaikan gagasan atau ide. Dengan hadirnya seminar ini kami harapkan akan membuat para peserta menjadi lebih terampil lagi menyampaikan gagasannya untuk berdakwah,'' katanya kepada Republika.

Asgar mengatakan kegiatan seminar kali ini mengusung tema 'Ku Genggam Dunia Dengan Tulisan'. Dalam seminar ini akan tampil sebagai pembicara Fatan Fantastik, seorang penulis buku dan trainer. Selanjutnya akan ada juga Huni Liviando, editor dari Pro-U Media.

Kegiatan seminar ini, kata Asgar, menjadi aktivitas yang pertama pada masa periode 2013-2014 kepengurusan Jama'ah An-Nahl Umb Yogyakarta. Ia menjelaskan juga untuk kegiatan sejenis ini sebenarnya sudah sempat pula digelar pada tahun ini. Kegiatan tersebut berupa pelatihan jurnalistik. ''Tapi untuk kepengurusan yang baru ini, seminar semacam ini menjadi yang pertama di bawah Departemen Syiar Media,'' katanya.

Asgar mengakui seminar ini sebenarnya bersifat umum. Namun dalam pembahasan materi, kata dia, akan tetap dilatari dengan semangat kepenulisan yang telah dilakukan oleh Ibnu Taimiyah hingga Buya Hamka. ''Semangatnya tetap berlandaskan pada nilai-nilai Islami dan yang melatarinya tentu saja sosok-sosok semacam Buya Hamka,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement