Rabu 18 Dec 2013 16:30 WIB

Catatan Prestasi Mesin EcoBoost 1.0 Liter Kreasi Ford

Red:
Catatan Prestasi Mesin EcoBoost 1.0 Liter Kreasi Ford
Foto: mobil.sportku.com
Catatan Prestasi Mesin EcoBoost 1.0 Liter Kreasi Ford

SPORTKU.COM - Ford berhasil mencatat prestasi gemilang melalui mesin inovatif EcoBoost 1.0 Liter. Dua tahun beruntun mesin kecil dengan kapasitas 1000 cc 3 silinder ini menyabet penghargaan International Engine of the Year untuk tahun 2012 dan 2013.

Ada banyak fakta unik kenapa mesin ini layak mendapat penghargaan bergengsi tersebut. Siapa yang menyangka, sebuah mesin 1000 cc bisa memenuhi semua aspek penting seperti tenaga, hemat bahan bakar, serta bersih dan ringan. Bahkan ukurannya yang sangat kecil dengan berat 97 kg, mesin ini diklaim sebagai sebuah mahakarya karena mampu menyaingi performa mesin 1500 cc 4 silinder.

Mesin ini juga memungkinkan kendaraan melakukan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11 detik dengan top speed mencapai 192 km/jam.

"Mesin EcoBoost yang mungil mampu mengalahkan semua jajaran mesin yang ada. Mesin ini ekonomis dalam dunia nyata sementara compact turbonya membuat mesin ini mampu memberikan tenaga kepada mobil yang berukuran besar seperti Grand C-Max," jelas Dean Slavich, Editor Engine Technology International Magazine yang juga menjabat sebagai wakil ketua penghargaan International Engine of the Year 2013.

Tidak hanya itu, mesin 3 silinder biasanya sangat berisik dan cenderung memiliki getaran yang kuat, namun lebih dari 200 teknisi di pusat pengembangan Ford berhasil menciptakan EcoBoost 1.0 Liter dengan 3 silinder yang halus lembut, dan bertenaga.

Selain penghargaan International Engine of the Year, EcoBoost 1.0 Liter juga berhasil menyabet penghargaan Breakthrough Award dari majalah Popular Mechanics di Amerika Serikat, Dewar Trophy dari Royal Automobile Club di Inggris, serta International Paul Pietsch Award 2013 di Jerman.

Mesin EcoBoost 1.0 Liter

ford, Mesin EcoBoost 1.0 Liter

sumber : mobil.sportku.com
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement