Rabu 18 Dec 2013 16:21 WIB

Mendikbud Beri Pembekalan Calon Dosen Tetap Non-PNS

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Djibril Muhammad
M Nuh
Foto: bincangedukasi.com
M Nuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melepas calon dosen penerima beasiswa unggulan (BU) Dikti, Rabu (18/12). Para calon dosen ini rencananya akan disebar ke sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta (PTN/PTS) di seluruh Indonesia.

Pada gelombang kedua ini, jumlah calon dosen tetap non-PNS yang mendapat beasiswa mencapai sebanyak 178 orang. Sementara pada angkatan pertama ada sebanyak 407 calon.

Rencananya, para calon dosen penerima beasiswa S2 dan S3 ini akan mendapatkan pembekalan dan pelepasan dari Mendikbud, Muhammad Nuh. Pembekalan akan dilakukan di Gedung D Dikti, Kemendikbud, Jakarta.

Direktur Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Dirjen Dikti Kemendikbud, Supriadi Rustad dalam pembekalan awal mengatakan, jumlah dosen di Indonesia mencapai sekitar 160 ribu orang.

Menurut dia, jumlah ini masih kurang dibandingkan dengan rasio jumlah mahasiswa. Jumlah mahasiswa mencapai sekitar 5,5 juta. Sehingga para calon dosen ini diharapkan mampu menambah jumlah dosen di PTN maupun PTS.

Para dosen ini, kata Supriadi akan disebar ke daerah-daerah. Hal ini sebagai upaya pemerataan dosen di daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement