Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

3 Kiat Jitu Tangkis Penuaan Dini

Kamis 19 Dec 2013 14:18 WIB

Red: Endah Hapsari

Penuaan dini/ilustrasi

Penuaan dini/ilustrasi

Foto: smerete.com

REPUBLIKA.CO.ID, Di usia 20 tahun tanda-tanda penuaan kulit memang belum terlihat. Akan tetapi, prosesnya sudah berlangsung. Menua adalah suatu keniscayaan, tapi kedatangannya bisa diperlambat dengan sejumlah kebiasaan baik. 

* Tabir surya 

Ketika menua, kulit akan kehilang an kolagen, berkurang elastisitasnya, dan menjadi kendur. Kulit juga akan terasa lebih kasar. Kondisi kulit akan semakin memburuk jika terus terpapar sinar ultraviolet. Agar tak mengalami penuaan dini, gunakan tabir surya setiap hari. “Jangan luput meng aplikasikannya di leher dan punggung tangan,” kata dr Debra Jaliman, ahli dermatologi.

 

* Antioksidan 

Kosmetik memang dapat menutupi ketidaksempurnaan kulit. Akan tetapi, asupan antioksidan jauh lebih bermakna khasiatnya bagi kesehatan kulit. Selagi masih berumur 20 tahunan, perbanyaklah konsumsi kacang-kacangan, dark chocolate, dan aneka buah beri. Tubuh yang aktif juga sangat membantu memperlancar aliran darah ke kulit. “Kecantikan akan lebih terpancar pada orang bertubuh sehat,” tutur Jaliman, seperti dikutip dari healcon.com. 

 

* Retinol 

Gerakan otot yang berulang akan menciptakan kerutan. Garis senyum ataupun garis cemberut terbentuk menandakan mimik wajah yang paling sering terpasang. Untuk menyamarkan garis wajah tersebut, oleskan kosmetik yang mengandung retinol setiap malam di sekitar mulut dan dahi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA