Rabu 18 Dec 2013 09:33 WIB

Ini Dia Jeans yang Tidak Perlu Dicuci

Celana Jeans untuk Pria (ilustrasI)
Celana Jeans untuk Pria (ilustrasI)

REPUBLIKA.CO.ID, Dry denim. Itulah sebutan untuk jeans yang tak perlu dicuci. Bukan hanya beberapa hari saja bahan ini tak perlu dicuci berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Model celana jeans ini diproduksi khusus, oleh pembuatnya, memang tak dianjurkan untuk dicuci. Salah satu pabrikan jeans yang mengeluarkan model jeans ini adalah Lee Cooper.

Dry denim ini pada awalnya terasa keras dan kaku saat pertama kali dipakai. Beberapa orang mengatakan perlu memakai celana pendek dulu di dalamnya saat awal-awal memakainya. Setelah beberapa lama dipakai akan muncul kerutan-kerutan atau tonjolan pada saku, bahkan robek-robek di bagian lututnya. Inilah yang membuat model dry denim ini dicari. Para pemakai jeans jenis ini bisa memperlihatkan gaya khas dirinya.

Jika mempunyai jeans model dry denim ini, sebenarnya tak masalah jika ingin mencucinya. Namun, paling tidak tunggu enam bulan setelah dipakai. Dalam waktu enam bulan ini, jeans akan lebih kuat dan tak rusak jika Anda 'memaksa' ingin mencucinya.

Jeans yang dipakai terus-terusan hingga lama akan bisa mengekspresikan ciri khas dan kegiatan apa saja yang dilakukan pemakainya. Di bagian tertentu, akan muncul ciri khas, misalnya di tempat anda banyak beraktivitas dan ini orang satu dengan yang lain pasti berbeda.

Jeans dengan benang terurai di tepinya, bolong-bolong ataupun robek di tempat tertentu, justru malah membuat pemakainya semakin berbangga hati. Nilai-nilai sejarah dari kisah mengapa jeans tersebut bisa bolong misalnya, menjadi pengalaman tersendiri bagi pemakainya.

Salah satu penyuka dry denim ini, ialah aktor Rio Dewanto. Ia punya dry denim yang sudah lima tahun tak dicucinya. Celana dry denim yang dipunyainya ini, menurutnya juga mengekspresikan jati dirinya. "Saya bikin bentuk kepalan tangan kayak gitu, dan nggak hilang sampai sekarang, malah jadi bagus," tuturnya.

Menurutnya, memakai jeans dry denim ini memang tak diperuntukkan untuk acara resmi karena biasanya jeans yang sudah lama akan terlihat kumal. Ketika dipakai, tentulah sering banyak kotoran, debu, dan lainnya yang menempel pada celana dry denim yang kita pakai. Namun, celana jenis ini tak perlu dicuci menurutnya. "Cukup diangin-anginkan saja," ujar Rio.

Ada juga cara lain yang pernah dicobanya agar jeans dry denim kesayangannya tak bau dan tak berjamur. "Masukkan ke freezer," tuturnya. Ia melipat jeans tersebut dan masukkan ke dalam freezer beberapa saat. Setelah itu, jeans dikeluarkan dan diangin-anginkan sebentar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement