Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Anggota Parlemen Berjilbab Turki Tampil Pidato untuk Pertama Kali

Sabtu 14 Dec 2013 01:32 WIB

Red: Julkifli Marbun

Merve Kavakç? (ilustrasi)

Merve Kavakç? (ilustrasi)

Foto: sondakika.com

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Seorang anggota parlemen Turki yang baru-baru ini diperbolehkan berjilbab mulai diberi ruang untuk tampil berpidato mengutarakan pandangannya di depan parlemen.

Kesempatan itu terjadi dalam sebuah rapat pleno Parlemen Turki untuk perdebatan mengenai anggaran tahun 2014.

Anggota parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) dari Bursa Canan Candemir Çelik berpidato di mimbar dan mendapatkan sambutan tepuk tangan dari anggota parlemen lainnya, Kamis (12/12).

Candemir Çelik merupakan anggota parlemen Turki kelima yang memutuskan untuk mengenakan jilbab di Parlemen setelah larangan itu dicabut sebagai bagian dari paket demokratisasi pemerintah 31 September.

Empat anggota parlemen AKP lainnya, Sevde Bayazit Kacar, Gulay Samancı, Nurcan Dalbudak dan Gonul Bekin Şahkulubey, juga memilih mengenakan jilbab di parlemen. AKP sendiri memiliki 46 anggota parlemen perempuan sebagian besar tidak berjilbab.

Kehadiran anggota parlemen berjilbab di parlemen merupakan sesuatu hal yang baru di Turki setelah 14 tahun lalu seorang anggota parlemen wanita dari Partai Kebajikan (FP) Merve Kavakçı berusaha mengenakan jilbab di parlemen, namun diusir dari sidang umum Parlemen. Partai ini juga langsung dibekukan

Pencabutan pelarangan jilbab di Parlemen diikuti dengan penghapusan larangan mengenakan celana panjang untuk anggota parlemen perempuan.

sumber : Hurriyet Daily News
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA