Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Penerima Beasiswa di Kaltim Naik 50 Persen

Kamis 12 Dec 2013 07:00 WIB

Red: Taufik Rachman

Beasiswa (ilustrasi)

Beasiswa (ilustrasi)

Foto: yeppopo.wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID,SAMARINDA--Jumlah penerima beasiswa yang diberikan Pemprov Kalimantan Timur pada tahun 2014 direncanakan terjadi kenaikan menjadi 50 ribu orang.

Jumlah penerima beasiswa tahun 2014 sebanyak 18.884 orang bertambah dari tahun sebelumnya 31.116 orang. "Pada 2013 dana yang dialokasikan untuk 31.116 pelajar dan mahasiswa tersebut senilai Rp149,673 miliar, sedangkan pada 2014 yang jumlah penerimanya naik konsekuensinya adalah anggarannya juga harus naik," kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Samarinda, Kamis.

Jumlah penerima beasiswa melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang (cerdas, merata dengan prestasi gemilang) yang sebanyak itu bukan hanya untuk warga di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), tetapi juga untuk warga di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang merupakan daerah otonomi baru hasil pemekaran dari Kaltim.

Menurutnya, peningkatan kuota hingga menjadi 50.000 penerima tersebut sebagai upaya untuk memperbesar kesempatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) Kaltim dan Kaltara, khususnya melalui jalur pendidikan formal.

Di luar itu, Pemprov Kaltim juga terus meningkatkan SDM melalui jalur nonformal dan informal, baik melalui pelatihan keterampilan, pemberantasan buta aksara, dan berbagai kegiatan lain.

Mengenai penyaluran beasiswa, pada 2014 akan dilakukan evaluasi, seperti penerapan pendaftara dengan sistem online (dalam jaringan) yang disamaratakan bagi semua pelajar mahasiswa, pasalnya di daerah-daerah tertentu masih ada kawasan yang belum terkoneksi dengan internet, bahkan ada juga pelajar yang belum mengenal internet.

Untuk wilayah yang belum memiliki akses internet terutama di kawasan perbatasan dan daerah terpencil, maka pada 2014 perlu dilakukan kerja sama dengan pemerintah kabupaten setempat, seperti di Kabupaten Malinau, Nunukan, Tana Tidung, dan Kabupaten Kutai Barat.

Pengelolaan yang melibatkan instansi terkait di masing-masing kabupaten ini demi pemerataan penerima, sehingga terjadi keadilan terhadap semua pelajar dan mahasiswa yang layak menerima beasiswa.

Beasiswa yang diberikan pada 2014 programnya maasih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti untuk pelajar dan mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu, untuk program sarjana kesehatan, mencetak sarjana pertanian, dan berbagai disiplin ilmu lainnya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA