Rabu 11 Dec 2013 08:52 WIB

Vettel Tolak Poin Ganda Perlombaan Akhir Musim

Sebastian Vettel
Foto: EPA/Diego Azubel
Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Juara dunia empat kali Sebastian Vettel menyatakan tidak setuju dengan aturan baru Formula Satu pada musim mendatang, di antaranya akan diadakan poin ganda pada perlombaan akhir musim.

"Ini aturan absurd dan menghukum pebalap yang sudah bekerja keras sepanjang musim," kata pebalap berusia 26 tahun dari tim Red Bull itu seperti dilansir dalam majalah Jerman, Sports Bild.

"Bayangkan bila pada pertandingan Bundesliga, tiba-tiba diberlakukan poin ganda panda pada akhir pertandingan," katanya.

"Saya menilai lebih baik dilanjutkan tradisi lama Formula Satu, saya tidak mengerti dengan aturan baru itu," tuturnya.

Badan otomotif dunia FIA akan memberlakukan beberapa regulasi baru mulai musim 2014 seperti dirangkum dalam pertemuan Komisi Formula Satu dan Grup Strategi F1 di Paris, Senin.

Dalam salah satu aturan itu, poin kejuaraan pebalap (driver) akan digandakan pada perlombaan terakhir, agar belum diketahui siapa pemenangnya sampai akhir lomba. Pemenang lomba terakhir itu akan mendapat 50 poin.

Vettel dimakhkotai gelar juara dunia untuk keempat kalinya tahun ini secara berurutan, setelah memenangi 13 dari 19 lomba, termasuk sembilan kali berurutan.

Ia meraih gelar juara itu dengan memimpin pengumpulan 145 poin sedangkan pada lomba terakhir pemenangnya mendapat 25 poin.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement