Senin 09 Dec 2013 14:56 WIB

Honda Raih Rekor Muri untuk Kontes Modifikasi dengan Peserta Terbanyak

Sepeda motor pemenang kategori Extreme sedang menjalani tes kelayakan jalan dalam lomba modifikasi motor
Foto: AHM
Sepeda motor pemenang kategori Extreme sedang menjalani tes kelayakan jalan dalam lomba modifikasi motor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontes modifikasi sepeda motor Honda Otocontest (HOCS) 2013 yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesa (Muri). HOCS ditetapkan sebagai kontes modifikasi satu merek dengan peserta terbanyak.

Setidaknya sekitar 2.074 motor modifikasi turut serta meramaikan kontes akbar ini. Dipusatkan di lapangan Sasana Budaya Ganesha, Bandung, final HOCS berlangsung meriah. Para pelaku dan pecinta modifikasi berkumpul untuk berlomba dan menyaksikan motor hasil kreasi modifikator dari berbagai kota di Tanah Air. 

Sebanyak 156 motor modifikasi didaftarkan pada final HOCS 2013 di Bandung ini. Sehingga, jika ditambahkan dengan motor modifikasi yang mengikuti seri-seri sebelumnya, HOCS tahun ini diikuti oleh sekitar 2.074 motor modifikasi.

Di tahun kelima penyelenggaraannya, AHM bersama jaringan dilernya berupaya dapat semakin meningkatkan kuantitas dan kualitas penyelenggaraan. Misalnya dengan menambah jumlah kota penyelenggaraan, membuka kelas lomba baru, serta memperkuat kriteria peserta.

AHM tahun ini menggelar HOCS di 17 kota besar di Indonesia. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya diselenggarakan di 14 kota. Kota penyelenggaraan tahun ini adalah Jember, Makasar, Kediri, Ponorogo, Pekanbaru, Banjarmasin, Kupang, Pontianak, Malang, Bangka, Bali, Manado, Palembang, Surabaya, Jakarta, Solo, dan Bandung.

Kontes modifikasi motor Honda ini diadakan dengan membuka 12 kelas. Dibagi pada kategori Rookie (kelas asesoris, beginner-cub & sport, beginner-matic, street racing-cub & sport, street racing-matic, funky-cub & sport, funky-matic, sticker).

Kemudian kategori profesional (kelas terbaru japs, custom modify, racing style, extreme). Kelas japs merupakan kelas terbaru yang dibuka AHM pada tahun ini untuk membuka kesempatan kepada modifikator dengan konsep retro style.

Kompetisi modifikasi bergengsi ini juga menerapkan tahapan penilaian untuk memilih peserta terbaik. Pemenang pertama dari setiap kelas dari setiap kota penyelenggaraan dikompetisikan kembali pada Final Battle HOCS 2013 pada akhir tahun ini. 

Dari ajang ini dipilih empat orang pemenang untuk dinobatkan sebagai The King Extreme, The King Non-Extreme, The King of Fashion dan The King of Rookie.

"Kami berusaha mewujudkan mimpi pecinta modifikasi untuk berkreasi melalui sepeda motor Honda dan mengukir prestasi melalui karyanya tersebut. Karya-karya ini diharapkan akan menjadi salah satu acuan tren modifikasi motor di Tanah Air," ujar GM Marketing Planning and Analysis Division AHM A Indraputra dalam keterangan resminya, Senin (9/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement