Kamis 05 Dec 2013 11:09 WIB

Bolehkah Memberi Madu untuk Bayi?

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Madu (Ilustrasi)
Foto: corbis
Madu (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap ibu selalu menginginkan bayinya tumbuh dengan sehat. Tak merasa hanya cukup dengan ASI, kemudian mencoba memberikan madu. Mungkin madu memang sehat jika dikonsumsi. Namun tidak bagi bayi di bawah satu tahun.

Dilansir dari laman Baby Center, sebaiknya tidak memberikan madu kepada bayi di bawah satu tahun. Madu bisa mengandung spora dari bakteri yang disebut Clostridium botulinum, yang dapat tumbuh dalam sistem pencernaan bayi yang belum matang, sehingga menyebabkan botulisme pada bayi.

Botulisme pada bayi memang penyakit yang jarang ditemui namun berpotensi fatal. Gejala botulisme ditandai dengan sembelit bersamaan dengan melemahnya otot, kesulitan mengisap, rahang kendur, menangis, dan lesu.

Untuk menghindari bayi Anda mengonsumsi madu, sebaiknya Anda tidak memasak makan dengan campuran madu, misalnya roti atau puding panggang, karena spora belum tentu terbunuh. Makanan siap saji seperti sereal untuk sarapan dan makanan bayi, lebih aman untuk dikonsumsi karena telah cukup dipanaskan untuk membunuh spora.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement