Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Waspadai Gejala Diabetes Ini pada Anak

Rabu 27 Nov 2013 11:12 WIB

Red: Endah Hapsari

Anak penderita diabetes/ilustrasi

Anak penderita diabetes/ilustrasi

Foto: prediabetics.org

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika kita mendengar penyakit diabetes, yang terbayang biasanya adalah penyakit yang menyerang orang tua yang pola makannya tak beraturan. Padahal, anak-anak kita bisa juga terkena. Diabetes mellitus (DM) merupakan suatu penyakit yang memengaruhi cara tubuh menggunakan glukosa. Ini adalah penyakit metabolis yang bersifat kronis serta berpotensi mengganggu pertumbuhan dan perkembangan jika menyerang anak. "Bahkan, penyakit ini bisa menyebabkan kematian," ujar ahli endokrinologi dr Aman Bhakti Pulungan SpA (K).

1. Anak sering banyak berkemih. Buang air kecil yang dilakukannya ini tidak normal, terlalu banyak, dan bahkan sering mengompol. Hal ini karena tubuh berusaha mengeluarkan glukosa yang berlebihan melalui air kencing.

2. Anak banyak minum. Anak menjadi banyak minum untuk menggantikan cairan yang keluar saat buang air kecil.

3. Anak banyak makan dan mudah lapar. Tubuh belum mendapatkan energi, untuk itu rasa lapar terus ada. Padahal, makanan sudah masuk, namun energi memang belum bisa dibentuk karena glukosanya tak bisa masuk ke dalam sel tubuh.

4. Berat badan yang menurun. Jika anak Anda banyak makan, namun berat badannya malah turun, ini perlu diwaspadai. Berat badan anak kita turun karena tubuh mulai menggunakan sumber lain untuk energi, seperti lemak dan otot. Hal ini terjadi karena sel tubuh tak bisa menyerap glukosa secara normal untuk dijadikan energi.

5. Anak mudah lelah. Anak terlihat lemah, lesu, dan cepat lelah, padahal tidak melakukan hal-hal yang berat. Ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa untuk energi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA