Selasa 26 Nov 2013 08:17 WIB
Liga Inggris

Kecerobohan Manchester United

David Moyes dan Wayne Rooney
Foto: guardian.co.uk
David Moyes dan Wayne Rooney

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF CITY -- Keberuntungan kelihatannya akan menaungi Manchester United saat menghadapi Cardiff City di Stadion Cardiff City, Ahad (24/11). Striker Wayne Rooney yang menendang kaki gelandang Cardiff Jordon Mutch pada awal laga tetap berada di lapangan karena hanya menerima kartu kuning dari wasit Neil Swarbrick. Rooney kemudian mencetak gol pembuka untuk United.

Cardiff membalas lewat Fraizer Campbell pada menit ke-33, tapi skuat asuhan David Moyes kembali memimpin melalui Patrice Evra. Iblis Merah tinggal menantikan peluit panjang untuk kembali ke Kota Manchester dengan tiga poin. Apa daya, kemenangan yang sudah di depan mata itu pupus pada injury time. Pemain asal Korea Selatan, Kim Byo-kung, menjebol gawang David De Gea untuk membuat skor akhir 2-2.

Raihan satu angka ini membuat United gagal memperbaiki posisinya di papan klasemen sementara Liga Primer. Rooney dkk mesti menerima berada di posisi keenam klasemen dengan nilai 21, berselisih tujuh angka dari pemuncak klasemen sementara Arsenal. Padahal, bila pulang dengan tiga poin, MU dapat menggusur rival sekotanya, Manchester City, dari posisi empat.

Terakhir kali United berada di empat besar terjadi pada Agustus silam. ''Jelas, saya kecewa. Kami bisa menguasai jalannya laga, tapi karena kesalahan konyol berupa tendangan bebas kami kehilangan dua poin,'' kata Pelatih United, David Moyes, usai laga seperti dikutip Sky Sports, Senin (25/11).

Dua gol the Bluebird memang berasal dari tendangan bebas. Andai saja para pemain Iblis Merah fokus dalam mengantisipasi datangnya bola, hasil laga bakal berbeda.

Hasil ini membuat MU tak terkalahkan dalam enam laga terakhir di Liga Primer dan sepuluh di semua kompetisi. Namun, Moyes menilai timnya gagal dalam laga ini. ''Kami tidak bisa terus kehilangan poin dari posisi menang. Kami seharusnya bisa mengamankan,'' ujar pelatih asal Skotlandia itu.

Moyes tak lupa membela ulah Rooney yang menyikut dan menendang Mutch. Ia mengatakan, sang penyerang tak bermaksud mencederai lawannya. “Dia cuma kesal kehilangan bola. Saya kira kartu kuning sudah tepat,” kata Moyes.

Keberhasilan menahan imbang juara bertahan Liga Primer Inggris itu disambut positif pelatih Cardiff City, Malky Mackay. Penampilan kontra United itu bahkan disebut Mackay sebagai performa terbaik para penggawanya di Liga Primer musim ini. Tidak hanya itu, hasil ini juga semakin menegaskan status Stadion Cardiff City sebagai tempat yang angker buat tim-tim asal Kota Manchester. Sebelumnya, Manchester City gagal membawa pulang poin lantaran dibekap 2-3 oleh tuan rumah.

''Penampilan kami, terutama di babak pertama, bisa dibilang komplet sepanjang musim ini. Tidak hanya dari cara kami bermain, tapi dari kepercayaan diri dalam menghadapi tim sebesar Manchester United,'' kata Mackay di the Guardian.

Mackay menambahkan, dengan penampilan seperti itu, timnya memang layak mendapatkan poin di pekan ke-13 Liga Primer Inggris. Namun, raihan satu angka tidak berpengaruh besar terhadap posisi the Bluebirds di klasemen sementara Liga Primer Inggris. Craig Bellamy dan kawan-kawan masih berada di peringkat ke-15 dengan koleksi 13 poin. n c90 ed: israr itah

Fakta Angka

3  - Wayne Rooney mencetak tiga gol dalam empat pertandingan tandang.

9  - MU selalu kebobolan dalam sembilan laga tandang di Liga Primer.

45 - Ryan Giggs telah bermain setidaknya sekali melawan 45 tim di Liga Primer.

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement