Selasa 26 Nov 2013 11:44 WIB

AIUEO, Penyebar Virus Membaca

Kegiatan membaca di AIUEO.
Foto: Backpacker Community
Kegiatan membaca di AIUEO.

Apa yang ada di benak kalian jika mendengar kata aiueo? Mungkin jawaban kalian rata-rata sama, yaitu sebuah huruf hidup dalam alfabet.

Aiueo di sini merupakan sebuah kegiatan yang didirikan oleh 4 orang anak muda pada tanggal 11 November 2011. Kegiatan ini menyediakan buku-buku untuk dibaca gratis oleh umum. Biasanya, tim Aiueo ada di Bunderan HI depan Hotel Kempinski pada hari minggu pagi.

Apa sih menurut kalian buku itu?

"Sebaik-baiknya teman adalah buku," menurut Ruri salah seorang pegawai swasta.

"Sumber inspirasi, imajinasi dan memutar otak," tutur Schinta, pekerja serabutan.

Lain lagi dengan Dimas Fahrul, seorang traveller, "Sarana untuk difotokopi, diperkecil, diperbanyak guna mendukung kegiatan belajar, lebih tepatnya untuk dibaca sebagai bahan belajar".

Dan masih banyak lagi pendapat orang tentang buku.

Bagi tim Aiueo, buku itu sangat penting. Kurangnya minat baca oleh anak zaman sekarang, serta fasilitas yang kurang memadai telah menggugah hati tim Aiueo untuk membentuk sarana membaca gratis ini.

Buku-buku yang didapat bersumber dari sumbangan teman-teman, dana dari donatur yang peduli, dan masih banyak lagi. Seiring berjalannya waktu, tim Aiueo juga ingin belajar mandiri untuk mendapatkan dana guna membangun perpustakaan mini untuk kaum marginal pada khususnya. Caranya, dengan membangun usaha kecil-kecilan dengan nama "daur ulang" dan "social trip".

Keuntungan yang didapat dari usaha ini, sebagian besar akan menjadi sumber dana pengadaan perpustakaan mini dan sebagian lagi akan disumbangkan ke GN-OTA. Daur ulang di sini menjual produk go green, yang dibantu oleh penyapu jalanan dan para pemulung. Sementara, social trip ini akan mengadakan trip pertamanya ke pulau pari kepulauan seribu. Keuntungan yang didapat, guna untuk membangun perpustakaan di pulau pari.

Sungguh indahnya jika kita semua dapat menjadi anak bangsa yang cerdas serta berakhlak. Masih banyak di luar sana yang ingin menjadi pintar tapi minus biaya. Bantu sebisa kita, ulurkan tangan kita dengan ikhlas. Kita semua sama-sama makhluk Tuhan Yang Maha Esa, mungkin tingkat keberuntungan saja yang membedakan kita.

Kalian semua dapat mengakses web kita di aiueoindonesia.com. Yuk, sama-sama ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan generasi bangsa. Meski kita bukan orang hebat, tapi kita sudah berusaha membuat anak-anak menjadi lebih hebat di masa depan.

Novel terakhir yang aku baca malam ini "Jejak Langkah Menembus Awan". Terima kasih atas cerita inspiratif dan motivasi untuk maju yang sudah ditulis dalam novel tersebut, "Keyakinan adalah semangat, sahabat para pemenang".

Semoga tim Aiueo bisa terus berkembang dan solid dalam mengajak anak-anak untuk gemar membaca. Jangan lupa tata rapi kumpulan bukumu di rumah.

Terima kasih

Schinta 

Rubrik ini bekerja sama dengan

Backpacker Community

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement