Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Begini Aktifnya Otak Saat Kita Membaca

Selasa 26 Nov 2013 11:09 WIB

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari

Anak baca buku/ilustrasi

Anak baca buku/ilustrasi

Foto: telegraph.co.uk

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda hobi membaca tentu membaca sebuah novel yang disukai adalah hal yang menyenangkan. Apalagi dengan menyelami isi cerita sehingga membuat otak menjadi hidup dengan terbawa emosi dan bahkan mengaktifkan indra.

Ketika Anda membaca, pikiran akan menggambarkannya. Membaca buku atau bacaan lainnya dengan menggambarkan secara hidup tidak hanya lucu, juga membuat Anda   menciptakan dunia dalam pikiran Anda sendiri. Tapi tahukah Anda bahwa hal tersebut terjadi walaupun Anda tidak mendorongnya?

Dilansir dari laman Fitnea, para peneliti menemukan bahwa penggambaran visual terjadi secara otomatis. Orang-orang mampu mengidentifikasi penggambaran objek lebih cepat jika mereka hanya membaca kalimat yang menggambarkan objek secara visual. Dengan begitu, ketika membaca kalimat, Anda secara otomatis memunculkan gambar objek dalam pikiran Anda.

Selain itu setiap kata yang diucapkan membuat otak bekerja. Penelitian telah menunjukkan bahwa tindakan mendengarkan cerita dapat menghidupkan otak. Ketika Anda menceritakan sebuah cerita, tidak hanya bagian pengolahan bahasa otak Anda yang aktif, tapi bagian pengalaman otak Anda menjadi hidup juga. 

Bila Anda mendengar tentang makanan, korteks sensorik Anda akan terangsang, sementara gerakan mengaktifkan korteks yang bertanggung jawab atas tindakan. Anda bisa mendengarkan cerita panjang teman Anda yang membosankan tentang liburannya atau mendengarkan buku audio untuk melatih otak Anda menjadi lebih baik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA