Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Siap-Siap Pilih Kades, Ikuti Tips Ini

Sabtu 23 Nov 2013 05:32 WIB

Red: Endah Hapsari

Pilkades

Pilkades

Foto: ROL

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Bupati Kudus Musthofa mengimbau warganya untuk menggunakan hati nurani dalam memilih kepala desa di daerahnya masing-masing melalui Pemilihan Kepala Desa yang bakal digelar Minggu (24/11). "Dengan hati nurani, kami pastikan masyarakat tidak akan mudah terpengaruh dengan bujuk rayu dari calon kepala desa, karena sudah yakin dengan kepemimpinan seseorang," ujarnya, di Kudus, Jumat.

Ia memastikan, masing-masing warga juga sudah memiliki figur calon yang bakal dipilihnya nanti. Selain diminta menggunakan hati nurani dalam memilih, dia juga mengimbau semua warga yang di desanya dilaksanakan pemilihan kepala desa untuk menggunakan hak pilihnya.

Berdasarkan laporan dari masing-masing daerah yang menyelenggarakan Pilkades, katanya, situasinya cukup kondusif. "Harapannya, berlangsung hingga pelaksanaan Pilkades yang bakal digelar secara serentak di 116 desa berakhir," ujarnya.

Dengan keberhasilan dalam penyelenggaraan Pilkades secara serempak, katanya, bisa menjadi simbol bahwa Kabupaten Kudus memang kondusif dan tidak ada persoalan. Untuk itu, kata dia, pelaksanaannya harus sesuai aturan perundang-undangan, agar tidak memunculkan persoalan nantinya. "Harus ada ketegasan soal aturan, agar tidak ada persepsi lain di masyarakat, terutama soal tingkat kehadiran masyarakat di tempat pemilihan suara untuk desa yang memiliki calon kepala desa tunggal," ujarnya.

Awalnya, ada 116 desa yang dijadwalkan menggelar Pilkades serentak pada 24 November 2013. Akan tetapi, persiapan di Desa Blimbing Kidul, Kecamatan Kaliwungu mengalami keterlambatan. Akhirnya, pemungutan suara di Desa Blimbing Kidul dijadwalkan pada 8 Desember 2013.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA