Sabtu 16 Nov 2013 08:59 WIB

Pemicu Bayi Tidak Doyan ASI

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Ibu menyusui
Foto: momrising.org
Ibu menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Tetapi tidak semua bayi yang baru lahir menyukai ASI bahkan lebih memilih susu formula. “Secara legal bayi di bawah 6 bulan dilarang diberikan selain ASI kecuali ada masalah dan sebaiknya di konsultasikan ke dokter,” ujar Hardinsyah, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia.

Penyebab utama anak tidak menyukai ASI adalah karena saat lahir bayi tidak langsung dikenalkan dengan ASI. “ Biasanya telat dikenalkan, secara psikososial dan cita rasa, apa yang dikenalkan pertama kali itu yang disenangi bayi,” ujarnya. 

Imunitas bayi yang baru lahir belum terbentuk sempurna dan lemah, sehingga bayi menjadi gampang sakit. Untuk itu bayi membutuhkan ASI untuk menjaga imunitasnnya. “Karena susu bayi formula tidak menyediakan zat-zat pembangun inumitas seperti yang ada di ASI,” ujar Hardinsyah.

Jika bayi  tidak menyukai ASI sejak lahir, konsultasikan ke dokter agar mendapatkan solusinya. Jika memang harus mengonsumsi susu formula, dokter bisa membantu menentukan susu formula apa yang cocok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement