Kamis 14 Nov 2013 13:58 WIB

Turnamen Pelajar Sidu Cup Targetkan 1.000 Peserta

Bulu tangkis (ilustrasi)
Bulu tangkis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Panitia penyelenggara turnamen bulu tangkis antar-pelajar SD dan SMP 'Sinar Dunia Cup 2013' di GOR Sudirman Surabaya pada 19-23 November, menargetkan sebanyak 1.000 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur akan ambil bagian.

Ketua Panpel Sidu Cup Eddyanto Sabarudin, kepada wartawan di Surabaya, Kamis (14/11), mengatakan turnamen berhadiah total Rp 60 juta ini merupakan seri terakhir dari rangkaian 10 seri yang diselenggarakan pada tahun ini.

Turnamen serupa sebelumnya telah sukses digelar di sembilan kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo, Denpasar, Manado, Banjarmasin, Palembang, Makassar, dan Pekanbaru.

"Setelah seri terakhir di Surabaya, akan digelar babak grand final di Jakarta pada Desember mendatang, yang mempertemukan para juara dari masing-masing seri," ujar Eddyanto.

Ia menjelaskan turnamen antar-pelajar yang telah memasuki tahun ketiga ini, terbagi dalam empat kategori atau kelompok, yakni sekolah dasar (SD) kelas 1-2, kelas 3-4 dan kelas 5-6, serta kelompok SMP kelas 1-3.

Hingga dua hari menjelang batas akhir pendaftaran, jumlah peserta yang telah masuk dari keempat kategori tersebut hampir mencapai 800 atlet.

"Nomor yang dipertandingkan hanya tunggal putra dan putri perorangan. Sama seperti daerah, juara seri Surabaya di empat kategori itu berhak tampil di grand final," ujarnya.

Pada grand final nanti, tambah Eddy yang juga Kepala Sub Bidang Turnamen dan Perwasitan PB PBSI, pihak penyelenggara akan menanggung transportasi dan akomodasi seluruh finalis dari berbagai daerah.

Ia menambahkan pembukaan turnamen Sidu Cup di GOR Sudirman Surabaya pada Selasa (19/11), rencananya dihadiri langsung Ketua Umum PB PBSI Gita Wirjawan dan sejumlah pengurus, termasuk dari PBSI Jatim.

Selain itu, mantan pemain Pelatnas sekaligus juara Olimpiade 1992 Alan Budikusuma juga akan hadir memberikan pelatihan singkat (coaching clinic) mengenai teknik bermain bulu tangkis kepada para peserta turnamen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement