Rabu 13 Nov 2013 12:12 WIB

8 Kiat Makanan Sehat dan Aman

Bikin makanan sehat untuk anak
Foto: idiva.com
Bikin makanan sehat untuk anak

REPUBLIKA.CO.ID, Anda tentu ingin agar makanan yang dikonsumsi keluarga selalu sehat dan aman bukan? Nah, ada beberapa tips berikut ini yang disusun oleh laman Health.

 

1.Belanja bijak

Keamanan pangan bermula dari pasar tempat Anda membeli. Beli makanan dingin dan beku pada saat terakhir, sehingga makanan tersebut tetap dingin hingga tiba di rumah. Tempatkan daging mentah dari makanan lain.

 

2. Cuci, cuci, dan cuci

Sedemikian pentingnya mencuci, meskipun makanan tersebut akan dikupas sebelum dikonsumsi seperti buah. Siapa yang menjamin bahwa kulit melon yang Anda beli tidak tercemar bahan berbahaya? 

 

3. Pisahkan makanan mentah dari makanan siap santap 

Jika Anda ingin melumerkan daging beku, jangan ditaruh di luar lemari pendingin begitu saja. Suhu hangat di luar akan membuat lapisan terluar daging lumer dan menjadi lahan subur tumbuhnya bakteri.

 

4. Hindari makan telur mentah

Telur terkait dengan 352 jenis keracunan makanan sejak 1990. Yang paling sering adalah telur yang tercemar Salmonella. Jadi, jika Anda sedang membuat adonan kue, jangan tergoda untuk mencicipi ya.

 

5. Perhatikan suhu

Memasak daging kadang sulit mengetahui tingkat kematangannya. Jangan terlalu percaya jika penampilannya sudah kecoklatan. Bisa jadi di bagian dalam, daging tersebut belum terlalu matang. Begitu juga jika ingin memanaskan makanan matang. Pastikan sampai mendidih atau panas untuk mematikan bakteri yang sempat berkembang biak saat dingin.

 

6. Jika ragu, buang saja

Anda tak yakin pada keamanan makanan, tak usah dikonsumsi. Buang saja. Ada kalanya makanan sudah tak layak makan meski penampilannya tak mencurigakan.

 

7. Berhati-hati saat hamil

 

8. Hati-hati pula jika Anda memutuskan makan di luar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement