Selasa 12 Nov 2013 08:33 WIB

4 Jurus Ampuh Singkirkan Komedo

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Wajah berjerawat
Foto: livescience.com
Wajah berjerawat

REPUBLIKA.CO.ID, Tampaknya komedo masih menjadi salah satu musuh bagi kaum wanita yang harus perangi agar tidak merusak penampilan. Penyebab munculnya komedo pada wajah adalah sel-sel kulit yang mati dan kelenjar minyak yang berlebih. 

Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut adalah empat cari ampuh untuk mengusir komedo yang membandel seperti yang dilansir dari Sheknows.

 

1. Steaming atau menguapkan wajah 

Proses penguapan wajah dilakukan sebelum melakukan pengangkatan komedo. Ketika Anda menguap wajah Anda, pori-pori terbuka, sehingga komedo lebih mudah untuk diangkat dari semua area wajah Anda. Caranya, rebus air dalam panci, kemudian biarkan mendingin selama setidaknya 10 menit. Setelah siap, tempatkan handuk besar di bagian belakang kepala dan membungkuklah di atas air rebusan tadi agar uap naik ke arah wajah Anda. Biarkan uap meresap ke dalam kulit Anda setidaknya selama lima sampai 10 menit sebelum memulai penghilangan/pengangkatan komedo.

 

2. Alat mengangkat komedo

Gunakan alat untuk mengangkat komedo, bahkan yang yang jauh di dalam kulit. Alat ini harus dibersihkan sebelum digunakan dan Anda juga harus memiliki zat pembersih yang dapat Anda gunakan untuk wajah bersih setelah melakukan ekstraksi.

 

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi atau proses pengelupasan kulit benar-benar membantu karena itu akan mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi kelebihan minyak. Pilih produk yang mengandung benzoil peroksida karena itu bagus untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo.

 

4. Madu

Madu adalah pelembap alami yang dapat menghilangkan komedo. Oleskan madu ke wajah Anda setiap malam.  Jangan lupa untuk mencuci wajah dengan air hangat sebelum mengoleskan madu dan biarkan kulit Anda untuk menyerapnya kurang lebih selama 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement