Senin 11 Nov 2013 14:36 WIB

Obat Jerawat Secara Alami, Apa Sajakah?

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Wajah mulus bebas jerawat
Foto: hudabeauty.com
Wajah mulus bebas jerawat

REPUBLIKA.CO.ID, Merawat kulit berjerawat dengan obat-obatan kimia bisa membuat kulit kering dan sensitif. Selain itu Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Mengapa tidak mencoba melakukan perawatan sendiri dengan tumbuh-tumbuhan.

Perawatan kulit dengan tumbuh-tumbuhan tidak memiliki efek samping, serta menjaga kulit bebas dari iritasi dan bahan kimia. Dilansir dari Wikihow, berikut adalah tumbuhan yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat.

 

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel membantu membunuh bakteri dan menyeimbangkan kadar pH kulit Anda. Caranya, buatlah larutan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 1:4. Lalu oleskan menggunakan kapas pada bagian yang berjerawat, biarkan selama sepuluh menit, lalu bilas. Ulangi sampai tiga kali sehari. Dapat dibiarkan semalaman untuk jerawat yang parah.

 

Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh merupakan zat alami yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk menyembuhkan jerawat. Celupkan cotton bud dalam minyak dan oleskan ke bintik-bintik jerawat pada malam hari sebelum tidur, lalu cuci saat pagi hari.

 

Madu

Gunakan madu sebagai antibakteri dan lembut untuk kulit sensitif. Caranya, buka pori-pori dengan meletakkan kain panas di wajah atau uap kan wajah dengan meletakkan wajah di atas air panas. Lalu, oleskan madu tipis-tipis pada wilayah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit. Cuci dengan air panas dan bersihkan dengan lembut, lalu bilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

 

Minyak jojoba 

Minyak jojoba bermanfaat sebagai antibakteri, menyembuhkan, dan melembapkan kulit, tapi tidak akan membuat kulit berminyak. Oleskan minyak jojoba untuk membersihkan kulit wajah dari jerawat pada malam hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement