Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Obor Olimpiade Dibawa Jalan di Ruang Angkasa

Sabtu 09 Nov 2013 22:30 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Para kosmonot sedang bersiap-siap mengeluarkan Obor Olimpiade ke luar angkasa

Para kosmonot sedang bersiap-siap mengeluarkan Obor Olimpiade ke luar angkasa

Foto: NASA

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW -- Dua kosmonot Rusia membawa obor Olimpiade musim dingin berjalan untuk pertama kalinya di ruang angkasa menjelang pesta olahraga di Sochi tahun depan.

Seperti dikutip BBC, Oleg Kotov dan Sergei Ryazanksy membawa obor yang tidak dinyalakan itu melalui pintu stasiun ruang angkasa internasional sekitar pukul 2134 WIB.

Dua kosmonot ini mengatakan obor itu akan berada di luar angkasa selama enam jam. Tiga astronot membawa obor itu dengan roket Rusia Soyuz hari Kamis (7/11).

Roket itu diluncurkan dari Baikonur di Kazahstan dengan tiga astronot, Mikhail Tyurin dari Rusia, Rick Mastracchio dari Amerika dan Koichi Wakata dari Jepang.
'Terlihat spektakuler'

Tiga astronot itu menyerahkan simbol Olimpiade tersebut kepada Kotov dan Ryazansky, yang telah berada di stasiun ruang angkasa.

Program peluncuran obor Olimpiade ini merupakan bagian dari upaya Rusia untuk menunjukkan diri sebagai negara yang kuat dan modern. "Tujuan kami berada di sini supaya terlihat spektakuler," kata Kotov minggu ini.

"Kami ingin menunjukkan obor Olimpiade kami di ruang angkasa... Jutaan orang akan melihat melalui TV dan akan melihat stasiun serta bagaimana kami bekerja," katanya.

Dua kosmonot Rusia itu akan mengambil foto dan video masing-masing dengan memegang obor sebelum melakukan perawatan di stasiun yang mengorbit di ruang angkasa itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA