Sabtu 09 Nov 2013 09:31 WIB

Pemicu Banyak Anak Muda Alami Impotensi

Rep: Indah Wulandari/ Red: Endah Hapsari
Konsultasikan masalah disfungsi ereksi pada dokter/ilustrasi
Foto: webmd.boots.com
Konsultasikan masalah disfungsi ereksi pada dokter/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Estimasi penderita impotensi yang kian membesar didominasi faktor psikogenik maupun organik. Bagi pria muda yang mengalami gangguan ereksi, Ponco menyebut timbulnya karena kebiasaan menonton film porno hingga mengalami onani yang menyebabkan hormon testoteronnya makin berkurang akibat terlalu sering mengalami pengeluaran sperma tak terkendali. 

Gangguan impotensi lainnya ditimbulkan pria penderita diabetes mellitus, hiperlipidemia (kolesterol yang tinggi), gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi liver, hipertensi, stroke, hingga kelainan pada jantung (gagal jantung, penyakit jantung koroner). Proses penuaan yang juga menimbulkan gangguan hormonal (resistensi insulin) tak dipungkiri juga menjadi penyebabnya.

Trauma daerah panggul (saluran sistem reproduksi pria), seperti pascaoperasi prostat juga menjadi pemicu impotensi. Kebiasaan mengonsumsi alkohol, merokok, konsumsi obat penenang terus menerus dalam jangka waktu yang lama juga berpotensi menimbulkan gangguan ereksi pria.

Berbagai kemajuan dalam bidang pengobatan, seperti terapi obat minum dan nonobat minum, seperti alat pompa vakum, obat suntik, dan operasi, telah banyak menolong pria dengan DE.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement