Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Kampanye Islam Merambah Meksiko

Rabu 06 Nov 2013 15:24 WIB

Red: Damanhuri Zuhri

Muslim Meksiko

Muslim Meksiko

Foto: insideislam.wisc.edu

REPUBLIKA.CO.ID, Mewartakan pada dunia tentang keakuratan Islam tak pernah lelah dilakukan. Setelah sukses di Amerika Serikat, kampanye yang mengambil tema Why Islam kini merambah ke negara tetangganya, yaitu Meksiko.

Kampanye Why Islam berbasis di Somerset, New Jersey, Amerika Serikat, dan diketuai oleh Nahela Morales. Kampanye ini sebenarnya salah satu program kegiatan yang didukung oleh Lingkaran Islam Amerika Utara (ICNA).

ICNA berisikan beberapa komunitas Muslim yang ingin memberikan pemahaman yang tepat tentang Islam bagi warga non-Muslim. Ini bukan pertama kalinya ICNA meluruskan pemahaman tentang Islam kepada masyarakat.

Sebelumnya, banyak program menarik yang dilakukan, salah satunya memberikan terjemahan Alquran serta berbagai tulisan tentang Islam di perpustakaan.

Why Islam diharapkan bisa membuka mata dunia dan menghapus kecenderungan Islamfobia yang masih melanda negara-negara Barat. Kampanye ini menjelaskan informasi yang sebenarnya tentang Islam.

Seluruh dunia harus tahu bahwa Islam mengajarkan kedamaian dan tidak ada doktrin untuk menjahati dan menghancurkan yang bukan umatnya.

Di Meksiko, kampanye ini memberikan pemahaman untuk menyadarkan warga Meksiko bahwa Islam bukan hal yang berbahaya.

Para relawan melengkapi kampanyenya dengan gambar dan fakta dengan informasi yang sebenarnya tentang Islam. Kampanye tersebut bisa dilakukan untuk menciptakan berbagai peluang dialog antarumat beragama di Meksiko

“Kami siap menjawab berbagai pertanyaan warga yang ingin tahu apa itu Islam. Kami telah memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cukup untuk memberikan pemahaman kepada mereka,” ujar salah seorang ketua komunitas yang masuk program ini, Nouman Ali Khan, seperti dilansir Onislam.

Rencananya, kampanye Why Islam akan digencarkan di Meksiko selama satu bulan ke depan. Paling tidak, ada lima wilayah di Meksiko yang akan menjadi sasaran utama kampanye dengan menggunakan berbagai media yang biasa digunakan di negara ini.

Bahkan, kampanye itu menggunakan dua bahasa, yaitu dalam bahasa Inggris dan bahasa mayoritas warga Meksiko, bahasa Spanyol.

Selain melalui kampanye, warga juga bisa mengakses call center bebas pulsa untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Islam.

Layanan ini juga disediakan dalam dua bahasa. Warga Meksiko juga berkesempatan untuk mendapatkan salinan gratis Alquran. Cukup hanya dengan memintanya dan memilih mau dilengkapi dengan terjemahan bahasa Inggris atau Spanyol.

sumber : afriza hanifa
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA