Kamis 07 Nov 2013 09:31 WIB

Trik Mempercantik Kuku

Perawan kuku - ilustrasi
Perawan kuku - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Jika ingin kuku-kuku Anda tampak rapi dan terawat, tak ada salahnya sesekali bereksperimen mendandani kuku-kuku. Bila ingin praktis, cobalah menikmati layanan perawatan kuku di sejumlah salon atau studio khusus yang menangani perawatan kuku. 

Bila ingin mencoba sendiri di rumah, Nathalia Karakhati meramu tips dan trik mempercantik kuku dalam bukunya 50 Kreasi Cantik untuk Kuku Indah Anda dan 10 Teknik dan 20 Kreasi Nail Extension.

Dalam bukunya, Nathalia menampilkan teknik mempercantik kuku atau nail art dengan beragam pilihan motif dan warna. Hal pertama yang perlu disiapkan adalah nail polish yang merupakan cat dasar kuku yang disapukan pada permukaan kuku sebelum membuat kreasi Nail Art.

Nail polish terdiri atas beberapa jenis menurut karakter warna. Seperti neon yang memiliki warna kontras dan mencolok, lalu glitter yang di dalamnya terdapat butiran halus yang berkerlip. Ada pula frost yang berwarna metalik tetapi tidak mengilap; cream berupa nail polish berwarna solid, atau sheer yang transparan serta nail polish berwarna metalik yang mengilap disebut shimmer.

Syarat kedua, Anda harus menyediakan cat khusus untuk melukis kuku. Botol cat kuku tersebut biasanya lebih kecil dari nail polish. Kuasnya pun lebih kecil agar dapat membuat bentuk-bentuk yang kecil saat melukis di atas kuku. Cat khusus ini juga terdiri dari beberapa jenis warna, yaitu matte, glitter, frost, dan neon.

Beres dengan nail art, Anda bisa belajar tentang nail extension. Jika nail art hanya memfokuskan pada kreasi dan motif lukisan di atas kuku, nail extension menekankan pada teknik memperpanjang kuku dan melukisnya sehingga menampilkan kreasi yang lebih indah. 

Dalam bukunya, Nathalia mengungkapkan, ada tiga teknik nail extension. Pertama, UV Gel Nail Extension, yaitu sistem pemanjangan menggunakan gel yang dibentuk kemudian dikeraskan di dalam lampu yang menggunakan sinar UV. Apabila dilihat dari segi kesehatan, teknik ini paling baik dibandingkan dengan sistem lainnya, karena lebih elastis dan ringan.

Lalu Acrylic Nail Extension yang menggunakan bubuk acrylic dan cairan yang dicampur kemudian dibentuk di atas permukaan kuku hingga  dibiarkan mengering. Terakhir adalah Fibreglass Nail Extension menggunakan bahan berupa fibre yang di atasnya ditambahkan gel atau bahan lainnya. Hasilnya, kuku lebih tipis dan ringan apabila dibandingkan teknik pemanjangan lainnya.

Lebih lanjut dalam bukunya, perempuan yang juga salah satu pendiri Indonesia Nail Association (INA) itu menampilkan kreasi nail art indah dan cara pembuatannya untuk inspirasi Anda. Motif -motif dan paduan warna yang disuguhkan dapat disesuaikan dengan warna pakaian, make up, dan aksesori yang Anda gunakan.

Jangan khawatir akan kesulitan mempelajari nail art ataupun nail extension. Hanya perlu sedikit kreativitas dan ketekunan Anda akan bisa memiliki kuku yang cantik,” ujar Nathalia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement