Rabu 06 Nov 2013 04:55 WIB
Penembakan di AS

Penembakan Guncang Mal di New Jersey

Penembakan. Ilustrasi.
Foto: rawstory.com
Penembakan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW JERSEY -- Aksi penembakan di tempat umum kembali terjadi di Amerika Serikat (AS). Seorang pria tak dikenal melepaskan beberapa kali tembakan di Westfield Garden State Plaza, Paramus, New Jersey, Senin (4/11) malam waktu setempat.

Meski tak menimbulkan korban jiwa, insiden yang menggemparkan ini memaksa kepolisian New Jersey bekerja keras untuk memburu dan menemukan pelaku penembakan. ''Sejauh ini tidak ada laporan korban tewas,'' ujar Wakil Koordinator Manajemen Darurat Kantor Wilayah Bergen, New Jersey, Jim Tedesco. Tak ada satu saksi pun, kata dia, yang melihat adanya korban tertembak.

Berdasarkan keterangan saksi, seorang pria berpakaian hitam dan helm yang juga berwarna hitam menembaki mal terbesar di Kota Paramus itu dengan sepucuk senapan. Hujan tembakan yang terjadi saat mal akan tutup pada pukul 21.30 itu langsung membuat para pengunjung panik. Polisi yang kebetulan sedang bertugas di pusat perbelanjaan tersebut segera memerintahkan pengunjung dan karyawan mal untuk meringkuk di dalam toko. Polisi juga sempat mengawal sejumlah pengunjung keluar dari mal. Sedangkan, sebagian besar pengunjung dan karyawan toko tetap berada di dalam mal hingga tengah malam.

Ratusan aparat kepolisian dari seluruh New Jersey Utara segera diterjunkan ke lokasi. Menurut Tedesco, butuh waktu dua jam untuk memastikan bahwa tersangka pelaku sudah benar-benar meninggalkan mal. ''Saat ini kondisi sudah aman,'' ujar dia seperti dilansir Northjersey.com, Senin (4/11) malam.

Kejaksaan Bergen County menyatakan, seorang pria memasuki mal pada pukul 21.19 waktu setempat. Tak lama kemudian, pria itu melepaskan beberapa kali tembakan. Sejumlah proyektil peluru ditemukan di lokasi penembakan.

Sementara Wali Kota Paramus, Richard LaBarbiera, mengatakan, aparat agak kesulitan ketika berusaha mengevakuasi pengunjung dan karyawan. Hal ini karena begitu luasnya mal yang memiliki 300 toko tersebut. Apalagi, ada pengunjung yang berada di tempat parkir yang ukurannya tak kalah luas. ''Mal ini luasnya mencapai lebih dari dua juta kaki persegi (185 ribu meter persegi),'' tutur sang wali kota.

Seorang saksi, Althea Brown, mengaku melihat pria itu berjalan di depan toko yang ia kunjungi. Setelah itu, ia mendengar tiga kali tembakan dan dua lagi tak lama kemudian. Seorang karyawan toko, Kimberly Recchia Lyndhurst, menggambarkan sang penembak adalah pria berumur sekitar 30 tahun. Setelah tembakan pertama menyalak, ia langsung berlari ke belakang toko bersama karyawan lain.

Westfield Garden State Plaza adalah mal terbesar di New Jersey. Mal ini juga disebut-sebut sebagai salah satu yang tersibuk di AS. Insiden ini menambah panjang daftar insiden penembakan di tempat umum yang terjadi di negara adidaya itu. Beberapa hari sebelumnya, Bandara Los Angeles digemparkan oleh aksi penembakan yang menewaskan satu orang dan melukai beberapa orang lainnya. n ichsan emrald alamsyah ed: wachidah handasah

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement