Rabu 06 Nov 2013 14:04 WIB

Ini Dia Makanan Terbaik Saat Haid

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Gangguan haid/Ilustrasi
Foto: Musiron/REPUBLIKA
Gangguan haid/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saat haid tiba banyak wanita yang mengeluhkan rasa sakit di bagian perut bahkan hingga pingsan. Cari tahu makanan yang bisa membuat siklus bulanan Anda lebih mudah dikelola dan ikuti hal-hal sederhana yang harus dilakukan dan tidak dilakukan saat haid, seperti yang dilansir dari sheknows.com berikut:

 

1. Makan Makanan Berkarbohidrat Kompleks

"Buah-buahan, sayuran dan seluruh makanan  adalah teman Anda selalu, terutama saat menstruasi. Gula buah dapat membantu mengurangi ketagihan gula,"  terang  konsultan kesehatan dan kebugaran Tari Rose. Coba tambahkan aprikot, jeruk, plum, pir, ketimun,  jagung dan wortel ke dalam  pola makan Anda.

 

2. Jangan minum kopi

Mengurangi asupan kafein dapat membantu mengurangi kembung dan menenangkan perut yang sakit. "Kafein dapat meningkatkan asam lambung pada usus yang sensitif. Jika Anda ingin mencari pengganti kopi yang kaya rasa, coba cicipi tradisional India chai saya," ujar juru masak profesional dan pakar hidup sehat Jennifer Iserloh.

 

4. Konsumsi makanan kaya kalsium

Menurut ahli gizi Latham Thomas, wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap hari. "Beberapa sumber kalsium yang baik meliputi kangkung, collard hijau, brokoli dan yogurt,” ujar Thomas.

 

5. Jangan makan garam terlalu banyak

Iserloh, seorang ahli gizi, merekomendasikan diet dengan 2.300 miligram / hari, atau kira-kira satu sendok the garam. "Cara terbaik untuk mengontrol asupan garam adalah dengan menghindari makanan cepar saji yag banyak mengandung tiga sampai empat kali garam dalam satu porsi makanan,” ujarnya.

 

6. Jangan lewatkan air putih

Rose menjelaskan bahwa minum lebih banyak air akan membantu melepas retensi air dalam tubuh Anda dan mengurangi kembung. "Tubuh Anda menahan air karena takut tidak cukup mendapatkannya. Jadi, jika Anda memberikan apa yang dibutuhkan (lebih banyak air) itu akan melepaskan air yang tertahan," ujar Rose.

 

7. Konsumsi makanan yang kaya magnesium

"Makanan kaya magnesium seperti biji-bijian, tahu dan kacang diperkirakan mampu mengurangi kembung pada wanita yang sedang haid," kata Thomas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement