Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Jumat, 4 Rajab 1441 / 28 Februari 2020

Dua Ribu WNI Tertipu Perusahaan Pencari Kerja

Senin 04 Nov 2013 16:12 WIB

Rep: Ichsan Emrald/ Red: Heri Ruslan

 Sebanyak 278 orang TKI illegal asal Arab Saudi dengan  status over stayer semalam kembali ke tanah air

Sebanyak 278 orang TKI illegal asal Arab Saudi dengan status over stayer semalam kembali ke tanah air

Foto: Faisal R Syam
<p>REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri menyatakan sebanyak dua ribu WNI mengalami penipuan. Mereka tertipu dan menyerahkan lembaran surat perjalanan laksana paspor (SPLP) kepada individu atau perusahaan pencari kerja.

Berdasarkan rilis Kemenlu, menjelang akhir masa amnesti, banyak WNI Overstayers yang mengadu ke Perwakilan RI dan tim perbantuan karena tertipu. Penipuan terhadap WNI overstayers tersebut dilakukan baik oleh individu maupun perusahaan yang beroperasi di Jeddah.

Bahkan berdasarkan pengaduan kelompok masyarakat, salah satu perusahaan mengenakan tarif tertentu dan para WNI Overstayers menyerahkan dokumen SPLP yang dikeluarkan oleh Perwakilan RI.

Berdasarkan laporan pengaduan sejumlah WNI Overstayers, saat menjelang akhir masa amnesti, perusahaan itu telah mengumpulkan lebih dari 2.000 (dua ribu) dokumen SPLP WNI Overstayers. Sementara mereka tidak dapat memenuhi janjinya. 

Hal ini menimbulkan kekhawatiran sehingga sebagian WNI Overstayers datang kembali ke KJRI untuk meminta SPLP yang baru. Saat ini KJRI sedang mendalami pengaduan tersebut dan akan menindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku di Arab Saudi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA