Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Tiga Tahap Latihan untuk Pemain Timnas U-19

Ahad 03 Nov 2013 20:19 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Mansyur Faqih

Timnas U19 Indonesia

Timnas U19 Indonesia

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI melalui Badan Tim Nasional (BTN) telah memanggil 40 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan timnas U-19. Pemusatan latihan tahap pertama akan dilakukan di Kota Batu, Malang pada 9 November 2013 sampai 9 Januari 2014.  

Asisten pelatih timnas U-19 Eko Purdjianto menjelaskan, pemusatan latihan jangka panjang ini akan terbagi dalam tiga tahap. Yakni fase general, spesifik, dan pre-competition

Pada latihan tahap pertama, para pemain akan digenjot dengan latihan fisik sebanyak 65 persen dan latihan teknik 35 persen. Kota Batu, Malang yang memiliki suhu udara dingin sengaja dipilih sebagai tempat pemusatan latihan tahap pertama karena cocok untuk menempa fisik para pemain.

Selain itu, fasilitas di tempat tersebut cukup lengkap sehingga memudahkan mereka untuk berlatih. "Untuk latihan tahap kedua, kami belum memutuskan akan berlatih di mana. Yang penting di tahap pertama ini kami ingin fisik para pemain terlatih dengan baik dulu," ujar Eko ketika dihubungi, Ahad (3/11).

Rencananya pada latihan tahap awal, semua pemain akan meningkatkan VO2max atau kemampuan menyerap oksigen. Pemain yang telah memiliki VO2max 55 bakal ditingkatkan lima angka. Tujuannya, untuk mengukur daya tahan fisik mereka di lapangan.

Selama jangka waktu satu tahun persiapan Piala Asia U-19 di Myanmar, Eko menjadwalkan beberapa kali pertandingan uji coba di dalam dan di luar negeri untuk menambah jam terbang para pemain. Namun, dia belum tahu tim mana saja yang akan akan menjajal kemampuan para pemainnya. Karena masih akan dibicarakan dengan kepala pelatih dan ofisial. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA