Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Skyrunner, Mobil Jago 'Ngebut' dan Bisa Terbang

Jumat 01 Nov 2013 13:14 WIB

Red: Mansyur Faqih

Skyrunner

Skyrunner

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan di Inggris merancang Skyrunner, mobil dengan kecepatan seperti Porsche dan bisa mengudara. Dikutip dari Mailonline, Skyrunner disebut sebagai setengah buggy setengah pesawat terbang.

Mesinnya menggunakan Ford Ecoboost 1.000 cc tapi  mampu menghasilkan tenaga 123 tenaga kuda pada torsi 147lb/ft. Mesin itu memberikan akselerasi 0-100km/jam dalam waktu 4,3 detik. Serupa dengan kekuatan Porsche 911.

Kendaraan ini bisa mengudara dengan kecepatan sekitar 80 km/jam. The Skyrunner berpindah dari buggy menjadi pesawat terbang dalam waktu tiga menit dan bisa mendarat di darat, lapangan rumput, atau pantai terpencil.

Untuk mengudara, kendaraan ini menggunakan teknologi paralayang. Yakni parasut besar seperti sayap yang mampu terbang hingga ketinggian 4.500 meter lebih. 

Ketinggian terbang yang diperbolehkan adalah hingga tiga ribu meter atau ketinggian yang biasa digunakan untuk kegiatan paralayang. Para pencipta Skyrunner mengklaim kendaraan ciptaan mereka menghabiskan 1 liter BBM untuk setiap 22 km. Dengan kata lain, jarak tempuhnya 680 km. Jika mengudara, jarak tempuhnya hanya 274 km.

Kendaraan ini didesain perusahaan Gilo Industries yang berbasis di Semley, Dorset. Skyrunner bisa dikemudikan oleh mereka yang punya SIM ditambah pelatihan selama 12 jam dengan instruktur terbang.

"Bayangkan, dengan Skyrunner mengemudi kendaraan segala medan bisa dikonversi dari jalan darat ke udara hanya dalam waktu tiga menit, mimpi tersebut kini jadi nyata," kata pendiri dan CEO Skyrunner, Stewart Hamel.

Mesin ini akan melakukan debut pertamanya dalam Fort Lauderdale International Boat Show di Florida, Amerika Serikat. Harganya, diperkirakan mencapai 75 ribu poundsterling (sekitar Rp 1,35 miliar) dan akan mulai dikirim ke pemesan awal tahun depan. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA