Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Pemain Timnas U-19 Antusias Bakal Digembleng di Batu

Kamis 31 Okt 2013 09:42 WIB

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih

Pemain timnas U19 Indonesia mendengarkan pengarahan pelatih Indra Sjafri (kanan).

Pemain timnas U19 Indonesia mendengarkan pengarahan pelatih Indra Sjafri (kanan).

Foto: Antara/M Risyal Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pemain timnas U-19 antusias untuk segera melakukan pemusatan latihan (TC) sebagai persiapan tampil di putaran final Piala Asia 2014. Pada tahap pertama, fisik skuat Garuda Jaya akan digembleng di Kota Batu, Jawa Timur mulai 9 November. 

Gelandang timnas U-19 Muhammad Hargianto menyambut positif rencana pelatih Indra Sjafri yang ingin meningkatkan level kondisi fisik para pemain. Indra sebelumnya berencana menaikkan level Vo2max para pemain hingga lima digit dalam dua bulan latihan di Kota Batu.

Indra ingin rata-rata VO2max pemainnya berada di angka 60. "Soal pelatih ingin gembleng fisik pemain, saya rasa itu sangat positif. Alhamdulillah berdasarkan tes terakhir, VO2max saya sudah mencapai 57," kata Hargianto kepada Republika

"Saya selalu rutin latihan setiap hari bersama diklat ragunan. Latihan mencakupi semua. teknik, koordinasi, dan juga fisik," tambah dia. 

Timnas U-19 memiliki target tinggi di Piala Asia yang akan berlangsung di Myanmar, tahun depan. Evan Dimas cs mematok target minimal empat besar agar bisa menggondol tiket Piala Dunia U-20 tahun 2015 di Selandia Baru. 

Untuk mencapai target itu, timnas U-19 melakukan persiapan cukup panjang. Hargianto sama sekali tidak bermasalah meski pun harus menjalani TC jangka panjang.

"Dengan TC jangka panjang, saya pikir akan mendatangkan lebih banyak manfaat. Kami bisa semakin solid. Terpenting kami punya banyak agenda uji coba untuk menambah pengalaman," ujar dia. 

Pemain tengah timnas U-19 lainnya, Zulfiandi, juga merasa tak sabar untuk segera kembali berkumpul dengan tim. Ia makin antusias karena timnas akan melakukan TC di Batu.

"Saya sangat antusias untuk TC di Batu, Malang. Karena saya memang belum pernah latihan di sana," sahut Zulfiandi.  

"Sudah sangat siap untuk kembali menjalani TC. Walau pun kemarin libur, saya tetap menjaga kondisi fisik dengan rutin berlatih bola dan juga berlatih di tempat kebugaran," tambah dia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA