Rabu 30 Oct 2013 04:18 WIB
Penghargaan Pesepak Bola

Gareth Bale Masuk Nominasi Ballon d'Or

Gareth Bale
Gareth Bale

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH - Gareth Bale akan bergabung dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam daftar penghargaan pemain terbaik dunia FIFA Ballon d'Or pada 2014 mendatang. Bale tercatat sebagai pemain termahal yang pernah dibeli oleh Real Madrid dari Tottenham dalam bursa transfer musim panas Eropa lalu dengan nilai sekitar 100 juta euro.

Dilaporkan BBC Sport, Selasa (29/10), ketika masih membela Tottenham, pemain sayap berusia 24 tahun itu memiliki prestasi yang cukup gemilang. Dia berhasil mencetak 42 gol dari 146 penampilannya di Liga Primer Inggris selama kurun waktu 2007-2013. Selain itu, dia juga pernah meraih penghargaan sebagai Young Player of the Year pada 28 April 2013 karena permainannya yang mumpuni di Liga Primer Inggris musim 2012/2013.

Bale boleh merasa bangga namanya disandingkan dengan 23 pemain terbaik dunia lainnya. Akan tetapi, dia harus bersaing ketat dengan bintang asal Argentina, Lionel Messi, yang dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia selama empat tahun terakhir. Messi dipastikan masih menjadi favorit setelah dia berhasil membawa Barcelona meraih gelar La Liga pada musim lalu. Pemain Barcelona lainnya yang masuk sebagai nominasi, yakni Xavi, Andres Iniesta, dan pemain muda berbakat asal Brasil, Neymar.

Sementara, Ronaldo yang menempati posisi runner-up Ballon d'Or pada 2009, 2011, dan 2012 juga masih difavoritkan. Dari seluruh kompetisi pada musim lalu, pemain depan Real Madrid itu tercatat telah mencetak 53 gol, terdiri dari 29 gol dengan kaki kanannya, 16 gol lewat kaki kirinya, dan 8 gol diciptakan lewat sundulannya.

Selain itu, Franck Ribery yang beberapa waktu lalu mendapatkan penghargaan sebagai Pemain Terbaik Eropa juga akan bersaing untuk memperebutkan gelar pemain terbaik dunia. Ribery merupakan pemain Muslim yang membela Bayern Muenchen dan telah membawa klubnya memenangkan treble winner, yakni Liga Champions, Bundesliga, dan DFP Pokal. Pemain Bundesliga lainnya yang masuk sebagai nominasi yakni Philipp Lahm, Thomas Mueller, Manuel Neuer, Arjen Robben, dan Bastian Schweinsteiger.

Dari Liga Primer Inggris, Robin van Persie merupakan pemain yang difavoritkan bersama dengan gelandang Manchester City Yaya Toure. Luis Suarez, meskipun telah melewati musim yang kontroversial dan harus dikenakan sanksi selama sepuluh pertandingan, tetap layak menjadi nominasi. Sejumlah nama lain seperti Mesut Oezil, Eden Hazard, Zlatan Ibrahimovic, Edinson Cavani, dan Thiago Silva juga terdaftar dalam nominasi. n rizky jaramaya ed: andri saubani

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement