Rabu 30 Oct 2013 12:18 WIB

Jangan Tanyakan 3 Hal Ini Saat Wawancara Kerja

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Endah Hapsari
Wawancara kerja/ilustrasi
Foto: usgreentechnology.com
Wawancara kerja/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika mewawancarai calon karyawan baru, penyeleksi biasanya memberikan waktu bagi pelamar untuk menanyakan apapun yang ingin mereka ketahui. Kesempatan tersebut biasanya diberikan di ujung sesi wawancara. Pelamar yang bertanya dengan antusias cenderung lebih disukai. Terlebih, ketika mereka tidak menanyakan hal-hal berikut: 

 

Tepat waktu 

Hindari menanyakan, “Jam berapa saya harus tiba di kantor?” Pertanyaan itu seolah mengisyaratkan Anda bukanlah orang yang tepat waktu. Calon bos bisa jadi akan menganggap Anda lebih tertarik menggeluti aktivitas pribadi ketimbang pekerjaan. Tips yang sama berlaku untuk keingintahuan Anda tentang lamanya jam makan siang. Kalau penasaran, lebih baik tanyakan, “Di kantor ini, sehari-harinya seperti apa?” 

 

Informasi mendasar 

Pelamar yang menanyakan nama CEO perusahaan dan jenis produk yang paling laris termasuk kandidat yang tipis kemungkinannya untuk mendapat kabar baik seusai wawancara. Bertanya seperti itu, mereka memperlihatkan ketidaksiapannya. Jadi, pelajari latar belakang perusahaan sebelum wawancara. 

 

Promosi 

Ingin tahu seberapa cepat karyawan bisa mendapatkan promosi? Agar Anda tak terkesan oportunis, cari cara yang tidak gamblang untuk mendapatkan informasi tersebut. Misalnya dengan menanyakan, “Kesempatan apa saja yang terbuka bagi karyawan untuk berkembang di perusahaan ini? Pertanyaan yang lebih cerdik, bukan? 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement