Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Ini 10 Negara Terbaik untuk Tempat Berbisnis Versi Bank Dunia

Selasa 29 Oct 2013 09:25 WIB

Red: Nidia Zuraya

Investasi (ilustrasi)

Investasi (ilustrasi)

Foto: Reuters/Leonhard Foeger

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Laporan tahunan 'Doing Business' Bank Dunia, yang dirilis pada Senin (28/10), memperingkat 189 negara yang dianggap sebagai tempat terbaik di dunia untuk menjalankan bisnis. Pemeringkatan tersebut dilakukan berdasarkan seberapa mudah atau sulitnya untuk memulai dan menjalankan bisnis lokal.

Menurut survei daya saing tahunan Bank Dunia yang dilansir AFP, Selasa (29/10), menyebutkan Singapura dan Hong Kong menempati peringkat teratas dalam jajaran sepuluh tempat terbaik di dunia untuk menjalankan bisnis. Singapuran yang merupakan pusat entrepot (tempat penyaluran barang) dan pusat keuangan di Asia Tenggara menempati posisi teratas dalam survei untuk delapan tahun berturut-turut. Negara Asia Tenggara lainnya yang juga masuk dalam peringkat 10 besar adalah Malaysia.

Laporan 'Doing Business 2014' mengatakan banyak negara membuat lebih mudah bagi orang untuk memulai dan menjalankan bisnis lokal, dengan negara-negara berpenghasilan rendah bergerak lebih cepat daripada negara yang lebih besar untuk perbaikan. "Peraturan adalah sebuah realitas dari awal kehidupan perusahaan hingga akhir," kata laporan itu. 

Tetapi di banyak kawasan, menurut laporan tahunan tersebut, telah ada kemajuan luar biasa dalam menghapus beberapa hambatan birokrasi terbesar untuk kegiatan sektor swasta. Pemeringkatan fokus pada apa yang usaha kecil atau menengah hadapi di negara asalnya, dibandingkan bagaimana raksasa multinasional akan berjalan dalam lingkungan yang sama.

Data ini didasarkan pada survei lebih dari 10 ribu profesional, sebagian besar orang-orang yang secara rutin membantu mengelola atau memberi saran tentang masalah hukum dan peraturan di suatu negara. Negara-negara diskor (disusun) dalam berbagai masalah, mulai dari berapa hari dan prosedur yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, hingga lamanya waktu untuk mendapatkan pemasangan daya listrik, kemudahan kredit dan biaya mengekspor atau mengimpor.

Laporan tahunan Bank Dunia tersebut juga memuji sejumlah negara karena paling mengalami kemajuan dalam lima tahun terakhir. Negara-negara tersebut adalah Rwanda (peringkat 32), Rusia (92), Ukraina (112) dan Filipina (108). Rusia dan Rwanda berdua melompat 20 tingkat dari tahun lalu, Ukaina melompat 25 tingkat dan Filipina 30 tingkat.

Berikut 10 tempat terbaik untuk menjalankan bisnis:

1. Singapura

2. Hong Kong

3. Selandia baru

4. Amerika Serikat

5. Denmark

6. Malaysia

7. Korea Selatan

8. Georgia

9. Norwegia

10. Inggris Raya

sumber : Antara/AFP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA