Sabtu 26 Oct 2013 20:31 WIB

Prestasi Terbaik Rafid Topan di Moto2

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Pembalap Indonesia, Rafid Topan
Foto: www.sportku.com
Pembalap Indonesia, Rafid Topan

REPUBLIKA.CO.ID, MOTEGI -- Pembalap Indonesia, Rafid Topan Sucipto akhirnya menorehkan prestasi terbaik sejak terjun di kelas Moto2 sejak 2012. Pembalap QMMF Racing Team itu mampu finish di tempat kelima babak kualifikasi seri Grand Prix Jepang, Sirkuit Motegi, Sabtu (26/10).

Babak kualifikasi kelas Moto2 itu sempat ditunda lantaran cuaca buruk. Usai menunggu 55 menit akhirnya kualifikasi resmi digelar. Berbagai kejutan pun mewarnai hasil di babak kelas Moto2.

Pembalap asal Finlandia, Mika Kalio mampu mencatatkan waktu tercepat dengan catatan 2 menit 1,24 detik. Ini merupakan kesuksesan pertama pembalap tim Marc VDS Racing itu untuk tampil terdepan di kelas Moto2. Kalio akan ditemani oleh pembalap pembalap Maptaq SAG Zelos Team, Xavier Simeon, dan pembalap Came Iodaracing Project, Johann Zarco.

Sementara rekan setim Kalio, Scott Redding mesti rela menempati posisi ke-15 di sesi balapan, Ahad (27/10) waktu setempat. Penghuni peringkat kedua klasemen sementara Moto2 itu agaknya masih berjuang untuk bisa sembuh dari cedera patah pergelangan tangan di seri sebelumnya, Grand Prix Australia. 

Selain kejutan yang diberikan Mika Kalio, trek basah di Sirkuit Motegi agaknya memberikan keuntungan buat pembalap asal Indonesia. Rafid Topan mampu menyodok di grid kedua dan mencatatkan torehan waktu 2 menit 1,73 detik. Catatan itu mengantarkan Rafid berada di posisi kelima starting grid. Ini merupakan pencapaian tertinggi Rafid sejak bergabung bersama tim QMMF Racing dan berlaga di kelas Moto2.

Pembalap berusia 19 tahun itu akan berbagi tempat di grid kedua dengan  pembalap NGM Mobile Racing, Simone Corsi, yang ada di tempat keempat dan pembalap asal Spanyol, Esteve Rabat, yang berada di tempat keenam. 

Sementara pembalap asal Indonesia lainnya, Doni Tata Pradipta, harus puas mengawali seri balapan dari posisi ke-32 dengan catatan waktu 2 menit 7,34 detik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement