Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

5 Cara Menenangkan Bayi yang Menangis

Selasa 22 Oct 2013 16:11 WIB

Red: Endah Hapsari

Pijat bayi/ilustrasi

Pijat bayi/ilustrasi

Foto: lovingtouch.com

REPUBLIKA.CO.ID, Terkadang orang tua tidak tahu penyebab mengapa bayinya menangis, sehingga bingung apa yang harus dilakukan untuk menenangkannya. Dilansir dari webmd.com, berikut ini tips-tips yang dapat menenangkan bayi Anda yang menangis.

1. Membedong Bayi

Untuk Anda, membedong bayi mungkin merasa bayi Anda seperti terkekang. Tetapi untuk bayi yang menangis dan rewel, dibedong terasa seperti sesak, terbiasa, dan membuat perut menjadi nyaman. 

 

2. Ubah Posisi

Jika Anda telah menggendong bayi Anda yang rewel menghadap ke atas dan tidak membantu, coba posisi lain. Memegang bayi Anda menghadap ke bawah dengan tangan di bawah perut dan kepalanya di lengan mungkin dapat menenangkannya. Tekanan pada perutnya dapat membantu mengurangi gas tidak nyaman.

 

3. Shhhh!

Mengucapkan shhhh atau ssttt langsung di telinga bayi Anda benar-benar dapat menenangkannya. Meskipun Anda bisa mulai dengan mengucapkan shhhh lembut dan dengan tenang. Ucapkan  dengan keras, sehingga bayi dapat mendengar Anda melebihi tangisannya sendiri.

 

4. Pijat

Ingat kekuatan sentuhan Anda sendiri pada bayi yang rewel dapat menenangkannya. Banyak bayi sangat suka kontak kulit dengan kulit. Dan studi telah menemukan bahwa bayi yang dipijat tampaknya lebih jarang menangis dan tidur lebih baik.

 

5. Membuatnya Bersendawa

Bayi yang menangis dapat menelan banyak udara. Itu bisa membuat dia kembung dan tidak nyaman, sehingga membuat tangisnya buruk. Coba buat bayi Anda agar bersendawa dengan sentuhan lembut di punggungnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA